Debut Samuel Marbun di Asian Games Langsung Dapat Perak

Atlet wushu Indonesia, Samuel Marbun bertekad meraih hasil lebih baik setelah menyabet medali perak di Asian Games 2022 (2023), Kamis (28/9). Meski tak meraih emas, prestasinya sudah membanggakan karena ini debutnya di Asian Games.

Samuel kalah 0-2 dari wakil Iran Samiroumi Elaheh Mansoryan pada pertandingan final cabor wushu nomor sanda 65 kg di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou.

“Mungkin kali pertama saya bermain di Asian Games ya jadi belum terlalu lepas ya. Ke depannya kalau dikasih rezeki saya pasti belajar dari ini dan berikan yang terbaik lagi di berikutnya,” kata Samuel dalam keterangan tertulis dari NOC Indonesia, Kamis (28/9).

Momen Gol Sananta Dianulir, Indra Sjafri Telanjur Sujud Syukur
Gasak Malaysia, Korea Jumpa Indonesia di Perempat Final Beregu Putra

Atlet asal kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara itu menganggap perak yang diraih adalah buah perjuangannya dalam persiapan Asian Games. Ia ikut dalam program pemusatan latihan di China untuk mempersiapkan diri.

“Arti medali perak ini mungkin sebuah puncak perjuangan saya ya, di mana selama tiga bulan kami persiapan untuk Asian Games in. Jadi tiga bulan persiapan di China. Dengan begitu banyak rintangan, baik cuaca, semua,” ujarnya.

Menanggapi kekalahannya, Samuel mengaku sudah mempelajari karakter lawan. Namun, ia mengatakan lawan mampu mengubah gerakan dan mengalahkannya dalam dua ronde.

“Semalam kami sudah evaluasi lawan kita tapi evaluasi kita agak meleset dengan evaluasi semalam. Kami sudah fokus nih lawan kami gerakannya gini, kami harus antisipasi begitu. Ternyata berubah gerakannya jadi yang lain gitu,” kata dia.

Samuel yang juga meraih medali perak SEA Games 2023 pada nomor yang sama menyebut, sebagai atlet sudah seharusnya memberi hasil terbaik pada negara yang diwakili.

“Jadi kita sudah menekuni ini ya jadi kita harus memberikan hasil semaksimal mungkin. Mungkin ada pembuktian apa, tapi mungkin ini adalah sudah tugas kita sebagai wakil negara untuk membuktikan bahwa kita layak memberikan yang terbaik,” ucapnya.

Hingga Kamis (28/9) pukul 16.00 WIB, Indonesia sudah mengemas tiga emas, tiga perak, dan 10 perunggu. Torehan itu membuat kontingen Merah Putih ada di peringkat ke-10 dalam klasemen sementara perolehan medali Asian Games 2023.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *