Hasil Piala Super Spanyol: Barcelona Tantang Madrid di Final

Barcelona akan bersua Real Madrid di final Piala Super Spanyol usai menang adu penalti 4-2 (2-2) atas Real Betis di Stadion King Fahd International, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (13/1) dini hari WIB.

Barcelona meraih kemenangan dengan susah payah. Tim asuhan Xavi Hernandez itu harus bermain hingga babak perpanjangan waktu untuk menyudahi perlawanan Betis.

Tim Catalan sebenarnya mampu unggul 1-0 saat pertandingan berjalan 23 menit. Gol Barcelona dicetak oleh Pedri tetapi dianulir oleh wasit.

Gol Pedri dibatalkan karena Raphinha yang memberikan umpan silang sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Namun pada menit ke-40, Barcelona bisa membuka keunggulan. Gol dicetak oleh bomber andalan Robert Lewandowski.

Tembakan Lewandowski dari dalam kotak penalti menggetarkan gawang Betis yang dikawal Claudio Bravo.

Betis mendapatkan dua peluang emas untuk menyamakan kedudukan setelah tertinggal 0-1. Namun penampilan gemilang Marc-Andre ter Stegen membuat dua peluang yang didapat mentah di hadapannya.

Kerja keras Betis untuk bisa menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-77. Tembakan keras Nabil Fekir dari dalam kotak penalti berhasil menggetarkan gawang Ter Stegen.

Skor imbang 1-1 tidak bertahan lama karena Barcelona kembali unggul hanya empat menit berselang. Gol yang membawa Blaugrana unggul 2-1 dicetak oleh Lewandowski.

Namun gol Lewandowski dianulir oleh wasit setelah meninjau Video Assistant Referee (VAR). Ferran Torres yang memberikan umpan kepada Lewandowski sudah lebih dulu offside sebelum gol tercipta.

Memasuki masa injury time babak kedua, Bravo membuat penyelamatan gemilang. Kiper Betis itu menepis tembakan Ansu Fati yang tepat mengarah ke gawang dan skor imbang 1-1 membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Barcelona akhirnya bisa kembali unggul pada menit-menit awal perpanjangan waktu babak pertama. Tembakan first time Ansu Fati dari dalam kotak penalti menggetarkan gawang Betis dan mengubah skor jadi 2-1.

Betis tidak menyerah. Loren Moron bisa mencetak gol yang membuat skor menjadi 2-2 lewat tembakan backheel yang mengecoh Ter Stegen pada menit ke-101.

Betis dan Barcelona sama-sama berupaya untuk mencetak gol ketiga mereka di laga ini. Hanya saja tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak kedua perpanjangan waktu berakhir.

Dalam drama adu penalti, Barcelona keluar sebagai pemenang. Keberhasilan Ter Stegen menggagalkan tendangan penalti Moron dan Wiliam Carvalho membuat Blaugrana lolos ke final dengan kemenangan 4-2. Barcelona akan bersua Madrid pada 15 Januari mendatang.

Susunan pemain
Real Betis (4-2-3-1): Claudio Bravo; Aitor Ruibal, German Pezzella, Luiz Felipe, Juan Miranda; Guido Rodriguez, Sergio Canales; Luiz Henrique, Nabil Fekir, Rodri; Borja Iglesias

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Ronald Araujo, Jules Kounde, Jordi Alba; Gavi, Frenkie de Jong, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembele.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *