Miliarder Pendiri Foxconn Terry Gou Calonkan Diri Jadi Presiden Taiwan

Terry Gou, miliarder yang merupakan pendiri Foxconn, telah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Taiwan. Dalam pemilihan tersebut, Gou akan bersaing sebagai calon independen dengan kandidat lain.

Selama beberapa waktu, Gou telah memiliki ambisi besar untuk menjadi presiden Taiwan, bahkan berharap untuk mendapatkan nominasi dari Partai Kuomintang (KMT), partai oposisi utama, pada tahun ini.

Namun, KMT akhirnya memutuskan untuk mencalonkan Hou Yu-ih, mantan kepala kepolisian yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota New Taipei City, sebagai kandidat mereka. Meskipun demikian, Hou telah mengalami penurunan popularitas dalam hasil jajak pendapat dalam beberapa pekan terakhir.

“Saya telah memutuskan untuk ikut dalam pemilihan presiden Taiwan 2024,” kata Gou dalam konferensi pers, yang dilaporkan oleh Channel News Asia pada Senin, 28 Agustus 2023.

Gou sekarang harus mengumpulkan 290.000 tanda tangan untuk memenuhi syarat sebagai calon independen. Dalam beberapa bulan terakhir, ia telah mengadakan serangkaian acara yang mirip kampanye di seluruh Taiwan.

Foxconn adalah salah satu produsen elektronik terbesar di dunia dan merupakan pemasok utama iPhone Apple.

Taiwan akan menggelar pemilu presiden pada Januari 2024. Wakil Presiden Lai Ching-te, yang juga merupakan anggota Partai Progresif Demokratik yang dipimpin oleh Presiden Tsai Ing-wen, saat ini menjadi kandidat yang paling berpotensi.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Koran-Jakarta.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *