Istana Gelar Gladi Bersih HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Persiapan Sudah 90 Persen

Pihak Istana Kepresidenan menggelar gladi bersih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (15/8/2023). Adapun persiapan Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 di Istana Kepresidenan Jakarta sudah mencapai 90 persen.

“Kalau saya bilang ini sudah 90 persen sudah oke,” kata Penanggung jawab Gladi Bersih HUT ke-78 Kemerdekaan RI Brigjen TNI Arkamelvi Karmani kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Dia menyampaikan bahwa gladi bersih meliputi, prosesi penurunan bendera merah putih, prosesi pengambilan bendera pusaka merah putih dari kawasan Monas. Kemudian, gladi pembacaan naskah Proklamasi, dilanjutkan kirab budaya oleh akademi TNI dan Polri.

Kemudian, di belakangnya ada Pasukan berkuda dari Datasemen Kuda Kalvaleri Angkatan Daerah (AD). Lalu, di belakangnya lagi ada raja-raja Nusantara dari 38 provinsi.

“Kemudian di belakangnya lagi ada Pelajar dari SMA 3 Setia Budi, SMA 4 Jakarta Pusat, lalu ada lagi dengan ibu-ibu Asosiasi Kebaya, mereka pakaian nasional,” ujarnya.

Pembawa Bendara Pusaka dan Komandan Upacara Belum Ditentukan

“Kemudian setelah keluar dari cawan, mereka ke Patung Kuda, lewat Merdeka Barat, masuk ke Istana, lalu penyerahan bendera yang biasa dipakai di upacara tersebut. Kemudian lanjut kegiatan penaikan bendera sampai selesai,” sambung Arkamelvi.

Dia menyebut persiapan HUT ke-78 Kemerdekaan RI sudah hampir mendekati sempurna. Hanya saja, saat ini belum diketahui siapa pembawa bendera pusaka dan komanda upacara.

“Hanya yang belum kita ketahui siapa pemain utamanya, pembawa baki siapa, Komandan upacara siapa, yang pagi siapa, yang sore siapa, nanti baru diketahui pada hari H-nya,” tutur Arkamelvi.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *