Hasil Community Shield: Arsenal Juara Lewat Cara Dramatis

Arsenal berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 4-1 dalam adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Arsenal juara Community Shield di Wembley, Minggu (6/8).

Di kesempatan penalti pertama, Martin Odegaard bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengecoh Stefan Ortega. Kevin De Bruyne yang jadi algojo pertama gagal mencetak gol setelah tembakan penaltinya membentur mistar.

Leandro Trossard yang maju sebagai eksekutor kedua dengan dingin mengecoh Ortega. Bernardo Silva bisa mengecoh Aaron Ramsdale. Skor 2-1 untuk Arsenal.

Bukayo Saka yang berdiri di kesempatan ketiga juga tak mengalami kesulitan untuk mengirim bola ke gawang. Sedangkan Rodri gagal menaklukkan Ramsdale setelah tendangannya bisa dibendung sang kiper The Gunners. Skor 3-1 untuk Arsenal.

Fabio Vieira yang maju sebagai penendang keempat bisa melaksanakan perannya dengan baik. Ia mengirim bola ke pojok kanan atas gawang Man City. Arsenal pun menang 4-1 dalam adu penalti.

Dari jalannya laga, pada babak pertama, Arsenal punya peluang lebih bagus untuk mencetak gol dibandingkan Manchester City. Dua peluang tersebut sama-sama dihadirkan oleh Kai Havertz.

Namun dua tendangan Havertz dari dalam kotak penalti berhasil dibendung oleh kiper Man City, Stefan Ortega. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Walaupun minim peluang di babak pertama, Pep Guardiola belum bergerak melakukan perubahan pemain. Hal yang sama juga dilakukan oleh Mikel Arteta. Keduanya masih percaya dengan 11 pemain pilihan di awal pertandingan.

Pada awal babak kedua, Man City sempat memiliki peluang. John Stones sukses melepaskan sundulan memanfaatkan sepak pojok tetapi Aaron Ramsdale bisa bereaksi dengan abik menepis bola.

Lantaran tidak ada perubahan pada papan skor, Guardiola lebih dulu melakukan pergerakan. Setelah menurunkan Phil Foden menggantikan Jack Grealish di menit ke-58, Guardiola lalu memasukkan Cole Palmer dan Kevin De Bruyne untuk menggantikan Erling Haaland dan Mateo Kovacic enam menit kemudian.

Arteta sendiri baru bergerak di menit ke-75 untuk melakukan pergantian pemain. Lenadro Trossard dan Kieran Tierney masuk menggantikan Gabriel Martinelli dan Jurrien Timber.

Keputusan Guardiola menurunkan Palmer berbuah manis. Dalam sebuah skema serangan balik, Palmer mendapatkan bola di sisi kiri pertahanan Arsenal setelah menerima umpan dari Kevin De Bruyne.

Palmer lalu melepaskan tembakan melengkung yang membuat bola mendarat di pojok kanan atas gawang Arsenal. The Citizens pun unggul 1-0 di menit ke-77.

Pada menit ke-82, Manchester City nyaris menggandakan keunggulan. Umpan Julian Alvarez membuat Phil Foden berdiri bebas di depan gawang. Namun tendangan Foden bisa diblok oleh Ramsdale.

Arsenal terus berusaha menekan pertahanan Man City. Dalam sebuah upaya Arsenal melakukan serangan, sempat terjadi insiden benturan kepala antara Kyle Walker dengan Thomas Partey. Keduanya pun harus melanjutkan pertandingan dengan kepala dibalut perban.

Kegigihan Arsenal mencetak gol akhirnya terbayar saat masa injury time memasuki menit ke-11. Trossard yang mendapat bola dari Bukayo Saka memutuskan melepaskan tembakan kaki kiri.

Bola tendangan Trossard membentur Manuel Akanji sehingga berubah arah. Ortega gagal mengantisipasi bola karena sudah terlanjur bergerak lebih dulu.

Pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti. Arsenal menuntaskan aksi comeback mereka dengan menang 4-1 dalam drama adu penalti.

Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1)

Stefan Ortega; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Manuel Akanji; Rodri, Mateo Kovacic (Kevin De Bruyne 64); Bernardo Silva, Julian Alvarez, Jack Grealish (Phil Foden 58); Erling Haaland (Cole Palmer 64)

Arsenal (4-2-3-1)

Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes (Emile Smith Rowe 87), Jurrien Timber (Kieran Tierney 76); Thomas Partey, Declan Rice (Eddie Nketiah 81); Bukayo Saka, Martin Odegaard, Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 75); Kai Havertz (Fabio Vieira 87).

 

 

Sumber : .cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *