Jokowi Resmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi, Perjalanan Jakarta ke Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023). Pembangunan jalan tol sepanjang 11,9 kilometer ini menelan anggaran sebanyak Rp 3,2 triliun.

“Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp 3,2 triliun,” jelas Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/8/2023).

Dia mengatakan keberadaan jalan tol ini memangkas perjalanan dari Jakarta-Sukabumi yang biasanya ditempuh dengan waktu 6 jam, menjadi hanya 2,5 jam. Dengan begitu, kata Jokowi, jalan tol ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang.

“Kita harapkan nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Unjung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampe 5 jam, kadang bisa sampe 6 jam. Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam,” tutur dia.

“Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang,” sambung Jokowi.

Di sisi lain, dia mengungkapkan bahwa banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di Jawa Barat. Salah satunya, disebabkan karena banyaknya jalan tol yang dibangun di Jawa Barat.

“Dari survei, para investor yang ada, kenapa di Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi. Alasannya yang pertama karena jalan-jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” pungkas Jokowi.

Ruas Tol Cigombong-Cibadak

Ruas Cigombong-Cibadak merupakan bagian dari Tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 km. Saat ini pembangunan ruas tol ini sudah mencapai 75,55 persen dan ditargetkan selesai akhir 2023.

Secara kesuruhan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT. Trans Jabar Tol terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Jalan Tol ini nantinya akan terkoneksi dari Jakarta menuju Kota/Kabupaten Sukabumi dengan terhubung Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara. Diharapkan dengan selesainya Tol Ciawi – Sukabumi akan semakin mendongkrak iklim usaha serta peningkatan perekonomian di wilayah Bogor, Ciawi maupun Sukabumi.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Suara.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *