Jam Malam Akses Internet di Tiongkok, Dibuat untuk Lindungi Anak dan Remaja

Cyberspace Administration of China (CAC) mengusulkan aturan jam malam untuk penggunaan internet bagi anak dan remaja di Tiongkok. Akses internet smartphone anak dan remaja diputus pada malam hari.

Penggunaan perangkat pintar juga dibatasi dengan aturan baru yang diluncurkan pada Rabu, 2 Agustus 2023. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kecanduan internet.

Aturan berbunyi, akses internet bagi siapapun yang berusia di bawah 18 tahun akan diputus antara pukul 22.00 hingga 06.00. Adapun durasi penggunaan juga dibatasi maksimal 40 menit sehari untuk anak di bawah delapan tahun dan dua jam untuk usia 16 dan 17 tahun. Aturan sudah mulai berlaku sejak 2 September 2023.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 3 Agustus 2023, CAC yakin aturan tersebut akan meningkatkan peran positif internet dan akan menciptakan kebiasaan berinternet yang sehat bagi anak di bawah umur. Langkah tersebut dibangun atas upaya untuk memperkuat perlindungan online anak-anak.

Dalam beberapa tahun terakhir, pihak berwenang Beijing menerapkan sejumlah aturan baru di sektor teknologi mengingat risiko penggunaan teknologi digital kaum muda kian meresahkan. Pada 2021 lalu, Tiongkok membatasi jumlah waktu bermain game untuk anak-anak.

Namun, saham sejumlah perusahaan raksasa di Negeri Bambu jatuh setelah CAC mengumumkan peraturan baru. Tencent mengalami penurunan saham 3 persen di Hong Kong. Sementara itu pencarian web, AI, dan Baidu turun hingga 3,75 persen selama perdagangan di Hong Kong.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Kompas.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *