Pekan Perdana, Barbie dan Oppenheimer Dominasi Puncak Box Office

Barbie dan Oppenheimer berhasil mendominasi puncak box office Amerika Utara usai tayang serentak pekan lalu. Dua film blockbuster itu mencetak pendapatan box office impresif meski tayang berdampingan.

Barbie mendapat penghasilan hingga US$155 juta atau setara dengan Rp2,32 triliun (US$1 = Rp15.030) untuk box office Amerika Utara. Angka itu jauh melampaui proyeksi awal Warner Bros. sebesar US$75 juta.

Sementara itu, Oppenheimer mengumpulkan box office US$80,5 juta atau sekitar Rp1,2 triliun. Capaian tersebut juga melampaui proyeksi awal yang ditaksir sekitar US$50 juta.

Pendapatan impresif itu menempatkan ‘Barbenheimer’ di peringkat pertama dan kedua box office pekan ini. Kedua film itu juga mencetak rekor dengan menghasilkan box office kolektif terbesar untuk pekan perdana setelah era pandemi.

Bahkan, total pendapatan pekan perdana Barbie serta Oppenheimer menempati peringkat empat sepanjang masa. Capaian itu berada di bawah Avengers: Endgame (2019), Avengers: Infinity War (2018), dan Star Wars: The Force Awakens (2015).

Capaian masing-masing film secara internasional juga tak kalah impresif. Barbie mengumpulkan US$182 juta dari pasar internasional sehingga pendapatan global film itu mencapai US$337 juta.

Angka tersebut bahkan sudah dua kali lipat melampaui laporan biaya produksi film sebesar US$145 juta. Angka itu masih bisa terus meroket jika Barbie mampu merawat tren positif tersebut.

Di sisi lain, Oppenheimer mengumpulkan US$93,7 juta sehingga total pendapatan global film itu kini mencapai US$174 juta. Angka itu juga melampaui biaya produksi film sebesar US$100 juta meski baru menapaki pekan perdana penayangan.

Box office pekan ini masih diramaikan sederet film hit yang bersaing pada jadwal penayangan musim panas. Seperti Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One yang menempati peringkat ketiga dengan US$19,5 juta.

Capaian itu mengalami penurunan sebesar 64 persen dari hasil box office pekan pertama. Namun sejauh ini, film ketujuh Mission: Impossible itu sudah mencetak US$118,7 juta dari box office Amerika dan US$370 juta secara global.

Sound of Freedom menempati peringkat keempat box office pekan ini dengan US$18,8 juta, diikuti Indiana Jones 5 dengan US$6,7 juta yang mengisi posisi kelima.

Barbie merupakan film terbaru garapan Greta Gerwig, sutradara yang terkenal lewat Lady Bird (2017) hingga Little Women (2019). Gerwig berkolaborasi dengan pasangannya, Noah Baumbach, yang menjadi penulis naskah.

Margot Robbie dan Ryan Gosling ditunjuk sebagai pemeran utama, yakni Barbie dan Ken. Namun, film tersebut juga diramaikan deretan aktor dan aktris yang berperan sebagai Barbie dan Ken varian lain.

Oppenheimer merupakan film terbaru Christopher Nolan yang diadaptasi dari buku American Prometheus (2005) karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Film itu mengisahkan perjalanan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan teoretis yang berperan penting dalam penciptaan bom atom ketika memimpin penelitian untuk Manhattan Project.

Cillian Murphy dipercaya sebagai pemeran utama dalam film tersebut, yakni sebagai Oppenheimer. Film itu juga dibintangi Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., hingga Florence Pugh.

Barbie dan Oppenheimer tayang di bioskop mulai 19 Juli 2023.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *