Harga Minyak Dunia Tertekan, Ini Gegaranya

Harga minyak mentah dunia melemah pada hari ini. Minyak dunia melemah setelah ekonomi Tiongkok turun dan bahkan berada di bawah ekspektasi analis.

Melansir Investing.com, Selasa, 18 Juli 2023, harga minyak brent berjangka turun 1,63 persen atau 1,30 bps ke level USD78,57 per barel. Minyak mentah WTI berjangka turun 0,07 persen atau 0,05 bps ke level USD74,03 par barel.

Penyebab rendahnya harga minyak karena Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok yang hanya tumbuh 6,3 persen year on year pada kuartal kedua tahun ini, satu persen lebih rendah dari perkiraan analis.

Rendahnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok memunculkan ekspektasi penurunan permintaan minyak mentah dari negara tersebut. Terutama karena Tiongkok menurunkan negara pengkonsumsi minyak dunia terbesar.

Selain kekhawatiran pelemahan permintaan minyak mentah Tiongkok, harga minyak dunia juga terpengaruh kembali beroperasinya dua dari tiga ladang minyak Libya yang sebelumnya sempat berhenti beroperasi akibat berlangsungnya aksi demonstrasi.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Money Kompas

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *