Raja Charles III Akan Temui Biden di Kastil Windsor Pekan Depan

Raja Charles III dari Kerajaan Inggris akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Kastil Windsor pada 10 Juli mendatang, kata juru bicara Istana Buckingham pada Minggu, 2 Juli kemarin.

Dikutip dari laman Asia One, Senin, 3 Juli 2023, Istana Buckingham mengatakan bahwa rincian lebih lanjut akan dirilis pada waktunya, mengenai pertemuan yang akan berlangsung di salah satu kediaman Raja Charles III di luar London.

Gedung Putih mengatakan pada hari Minggu kemarin bahwa Biden akan melakukan tur Eropa akhir bulan ini untuk mengunjungi Inggris, Lituania dan Finlandia. Di London, ia juga akan bertemu Perdana Menteri Rishi Sunak.

Biden pernah menghadiri pemakaman ibunda Charles, Ratu Elizabeth II, tahun lalu. Ia juga pernah bergabung dengan Charles dan para pemimpin lainnya dalam resepsi malam sebelum seremoni.

Mei lalu, Biden tidak menghadiri penobatan Raja Charles III dan hanya mengirim Ibu Negara Jill Biden. Di bulan Juni, Biden menjamu Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak di Gedung Putih, di mana kedua pemimpin berjanji melanjutkan kerja sama dalam membela Ukraina.

Fokus utama kunjungan lima hari Biden di Eropa adalah KTT tahunan NATO di Vilnius, Lituania. Direncanakan juga lawatan di Helsinki, Finlandia, untuk memperingati masuknya negara Nordik itu ke dalam aliansi militer 31 negara pada April lalu.

KTT NATO tahun ini akan berlangsung pada titik kritis terbaru dalam perang Rusia di Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa serangan balasan dan juga operasi defensif terhadap pasukan Rusia sedang berlangsung, di saat pasukan Ukraina mulai merebut kembali wilayah di bagian tenggara negara itu.

Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO, mengunjungi Gedung Putih pada 13 Juni lalu, di mana dirinya dan Biden menjelaskan bahwa aliansi Barat tetap bersatu dalam mempertahankan Ukraina.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id

Gambar :medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *