AS Bakal Pimpin Penyelidikan Internasional Terkait Meledaknya Kapal Selam Titan

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) akan memimpin penyelidikan internasional atas hilangnya kapal selam Titan milik OceanGate. Penyelidikan ini untuk menentukan penyebab kapal selam tersebut meledak.

Kapal selam ini hilang pekan lalu, dengan membawa lima orang di dalamnya, termasuk taipan Inggris dan Pakistan, serta CEO OceanGate.

Kepala penyelidik, Kapten Jason Neubauer mengatakan, operasi penyelamatan dari dasar laut sedang berlangsung, dan mereka telah memetakan lokasi kecelakaan.

“Pertemuan Dewan Investigasi Kelautan adalah tingkat investigasi tertinggi yang dilakukan oleh Penjaga Pantai AS,” kata Neubauer, dilansir dari News Daily, Senin, 26 Juni 2023.

Dewan Penjaga Pantai dapat membuat rekomendasi kepada jaksa penuntut untuk menerapkan sanksi perdata atau pidana sebagaimana diperlukan.

Penyelidik bekerja sama dengan otoritas nasional dan internasional lainnya, termasuk Dewan Keselamatan Transportasi Kanada, dewan investigasi kecelakaan laut Prancis, dan Cabang Investigasi Kecelakaan Laut Inggris Raya. Bukti sedang dikumpulkan di pelabuhan St. John’s, Newfoundland, berkoordinasi dengan otoritas Kanada.

“Tujuan utama saya adalah mencegah kejadian serupa dengan membuat rekomendasi yang diperlukan untuk memajukan keamanan domain maritim di seluruh dunia,” kata Neubauer.

Kapal induk Titan, Polar Prince meninggalkan Newfoundland pada 16 Juni, menarik kapal selam naas itu.

Titan meledak dalam perjalanannya untuk melihat reruntuhan Titanic, menewaskan kelima orang di dalamnya. Puing-puing ditemukan sekitar 3.810 meter di bawah air, dan kira-kira 488 meter dari Titanic.

OceanGate Expeditions, perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Titan, berbasis di AS tetapi kapal selam itu terdaftar di Bahama. Pangeran Kutub berasal dari Kanada, dan mereka yang tewas berasal dari Inggris, Pakistan, Prancis, dan AS.

Titan tidak terdaftar sebagai kapal AS atau badan internasional yang mengatur keselamatan. Dan itu tidak diklasifikasikan oleh kelompok industri maritim yang menetapkan standar pada hal-hal seperti konstruksi lambung kapal.

Pertanyaan tentang keselamatan kapal selam diajukan oleh mantan karyawan perusahaan dan mantan penumpang.

Namun, CEO OceanGate Stockton Rush, yang mengemudikan Titan ketika meledak, mengeluh bahwa peraturan dapat menghambat kemajuan.

Mereka yang tewas dalam ledakan itu adalah Rush, dua anggota keluarga terkemuka Pakistan, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, petualang Inggris Hamish Harding, dan ahli Titanic Paul-Henri Nargeolet.

 

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *