Inggris Tembus Suhu Terpanas Tahun Ini

Inggris mencatat suhu terpanasnya tahun ini pada Sabtu (10/6), yang menembus hingga 32,2 derajat celsius di Kota Chertsey.

Badan meteorologi Inggris melaporkan di Skotlandia, suhu terpanas tahun ini tercatat di wilayah Auchincruive dengan 25,3 derajat celcius. Suhu yang sama juga tercatat di Armagh, Irlandia Utara, demikian dilaporkan Anadolu Agency.

Layanan Cuaca Nasional Inggris mewanti-wanti potensi masalah kesehatan akibat panas ekstrem untuk akhir pekan tersebut.

Sementara itu, dilaporkan The Independent, beberapa wilayah Inggris justru berada di bawah peringatan kuning akan badai petir usai mencatat suhu terpanas di akhir pekan.

Layanan Cuaca Nasional Inggris memperkirakan beberapa bagian negara itu akan dilanda hujan lebat pada Senin (12/6) karena cuaca tetap panas dan lembab di sebagian wilayah.

Peringatan kuning ini mencakup sebagian besar Inggris termasuk London, Oxford, Nottingham, dan Manchester. Ada pula peringatan badai petir di Skotlandia dan Irlandia Utara.

Peringatan badai petir ini berlaku dari tengah hari hingga pukul 21.00 malam pada Senin.

“Pada Senin, kami memperkirakan awal yang baik dan panas, suhu naik cukup tinggi selama pagi hari di bawah sinar matahari awal musim panas yang kuat dan itu kemungkinan akan memicu beberapa hujan petir,” kata ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional, Dan Stroud.

Suhu juga kembali diperkirakan mendekati 30 derajat celsius di beberapa bagian Inggris.

Di saat suhu panas dan lembab membawa hujan, beberapa bagian Wales dan Inggris bisa menyaksikan 30 mm hujan dalam satu jam, dengan 60 hingga 80 mm air hujan jatuh di sejumlah tempat.

Sebanyak 28,6 mm hujan turun di Charlwood, Surrey, pada Minggu (11/6) sore, yang hampir setengah dari rata-rata curah hujan untuk Juni.

Peramal cuaca telah mewanti-wanti bahwa hujan lebat bisa menyebabkan kondisi yang menantang di beberapa bagian Inggris.

Warga Inggris bisa berpeluang menghadapi banjir dengan kerusakan pada beberapa bangunan, serta sambaran petir, hujan es, atau angin kencang.

Ada pula peluang terjadinya “penundaan dan beberapa pembatalan layanan kereta api dan bus” akibat cuaca tersebut.

Sementara itu, selain peringatan kuning untuk badai petir, Badan Keamanan Kesehatan Inggris juga mengeluarkan peringatan kuning untuk cuaca panas hingga pukul 09.00 pagi pada Selasa (13/2) di West Midlands, East Midlands, timur Inggris, Tenggara, dan Barat Daya.

“Kami kemungkinan akan melihat cuaca panas berlanjut meskipun tekanan tinggi mulai meningkat,” kata Stroud.

“Itu akan mematikan hujan dan pindah ke minggu depan suhu akan turun sedikit ke pertengahan hingga 20-an tingginya.”

Musim panas di Inggris diperkirakan akan lebih panas dari biasanya, meskipun suhu diperkirakan belum akan menembus rekor.

Menurut para ilmuwan iklim dari Layanan Cuaca Nasional Inggris dan badan pengamatan Bumi blok Copernicus, tanda-tanda awal menunjukkan panas yang lebih tinggi dari rata-rata kemungkinan akan terjadi di Inggris dan di seluruh Eropa Selatan untuk sisa bulan Juni dan awal Juli.

Inggris pernah mencapai suhu tertingginya pada Juli lalu yakni tembus 40 derajat celsius. Suhu ini belum pernah terjadi sebelumnya di London yang sampai memicu kebakaran di seluruh kota.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *