Rieka Roslan Somasi The Groove Usai Lagu Ciptaannya Dinyanyikan

Penyanyi Rieka Roslan resmi mengajukan somasi terbuka untuk melarang The Groove menyanyikan lagu ciptaannya. Somasi terbuka ini menyusul somasi larangan yang disuarakan pada 29 Mei.

“Tujuan kami hari ini adalah ingin menginformasikan, bahwa klien kami Rieka Roslan pada 29 Mei lalu sudah melayangkan somasi atau teguran kepada The Groove. Tapi itu somasi tertutup,” kata kuasa hukum Rieka Minola Sebayang di area Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Menurut Minola, tujuan somasi ini diungkap secara terbuka agar pihak penyelenggara acara dapat mengetahui poin-poin yang dilayangkan oleh pihak Rieka.

“Kenapa kami merasa perlu menginformasikan secara lisan, karena publik perlu tahu ada somasi ini, terutama EO dan penyelenggara,” sambung Minola.

“Karena kalau the Groove saja yang tahu, nanti tidak tepat mengapa somasi ini diberikan,” imbuhnya.

Minola juga menegaskan bakal ada konsekuensi hukum yang diterima The Groove jika somasi ini tidak diindahkan. Ia merujuk pada ketentuan Pasal 9 ayat (2) dan ayat (3) Jo. Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UUHC).

“Oleh karena itu, Rieka sebagai pencipta memberitahukan kepada masyarakat, terutama EO (event organizer), The Groove sudah tidak diizinkan kecuali dengan izin tertulis untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaan Rieka,” kata Minola.

“Kalau ini dilanggar, tidak diindahkan, maka akan ada konsekuensi hukum sebagaimana diatur oleh UU ini. Karena UU ini mengatur, jika tidak meminta izin, ada konsekuensi hukumnya, dan itu masih berlaku,” sambungnya.

Sebelumnya, Rieka telah melayangkan larangan kepada The Groove sejak akhir tahun lalu. Saat itu, Rieka melayangkan larangan itu kepada perkumpulan Wahana Musik Indonesia (WAMI).

Rieka Roslan mengatakan keputusan tersebut ia ambil karena The Groove tak lagi bisa satu panggung dengan dirinya. Ia bercerita mendapatkan pernyataan mengenai hal itu dari manajemen The Groove pada November 2022.

“Ada pernyataan dari manajemen The Groove pada EO, The Groove tidak bisa lagi sepanggung dengan saya, Rieka sebagai pendiri dan pencipta lagu. Pernyataan ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dan membuat saya sedih, dan tidak profesional,” curhat Rieka saat itu.

“Ini (pelarangan) adalah konsekuensi logis ketika The Groove tidak bisa satu panggung lagi dengan saya. Saya sudah melarang mereka membawakan lagu-lagu ciptaan saya,” Rieka menegaskan.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *