Pergi ke AS Tak Perlu Lagi Vaksin Covid-19 Mulai 11 Mei

Amerika Serikat bakal mencabut persyaratan vaksinasi Covid-19 bagi pendatang asing dan karyawan pemerintahan mulai 11 Mei mendatang.

“Kami mengumumkan pemerintah akan mengakhiri syarat vaksin Covid-19 untuk pekerja pemerintah, kontraktor pemerintah, dan pelancong internasional via udara pada 11 Mei,” demikian pernyataan Gedung Putih di situs resminya, Senin (1/5).

AS mengambil keputusan itu setelah parlemen sepakat mencabut status darurat Covid pada Februari lalu. Saat itu, AS mengumumkan status darurat Covid-19 akan berakhir pada 11 Mei.

Keputusan ini juga diambil setelah pengadilan banding federal menguatkan putusan untuk mengakhiri syarat wajib vaksin bagi karyawan pada Maret lalu.

Diberitakan Reuters, Kementerian Keamanan Dalam Negeri turut menyatakan bahwa mulai 12 Mei, pelancong non-AS yang masuk ke negara itu lewat jalur laut tak lagi diwajibkan vaksinasi.

Pada Juni 2022, AS sudah mencabut syarat tes Covid-19 bagi pelancong yang tiba di negara itu via pesawat.

Namun, AS tetap memberlakukan syarat vaksinasi sesuai aturan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bagi pelancong asing.

Aturan vaksinasi itu sampai-sampai membuat bintang tenis Serbia Novak Djokovic tak bisa tampil dalam beberapa turnamen di AS lantaran belum divaksinasi Covid-19.

AS mulai memberlakukan syarat vaksinasi ini pada September 2021.

Saat itu, 3,5 juta karyawan dan kontraktor pemerintah diwajibkan vaksin Covid-19 jika berada di AS. Jika tidak, mereka terancam dipecat atau mendapatkan sanksi.

Meski begitu, selama lebih dari setahun, sanksi-sanksi ini tak pernah diterapkan akibat serentetan putusan pengadilan.

Pada Maret, pengadilan banding federal pun menguatkan putusan untuk menyudahi syarat vaksin bagi karyawan.

Pada Oktober 2022, Gedung Putih juga meminta badan-badan federal tidak mewajibkan kontraktor melakukan vaksinasi setelah kewajiban vaksinasi nasional di AS juga dicabut.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *