Pemudik Diprediksi Naik 14 Persen, ASDP Padangbai Siapkan 23 Kapal

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Pelabuhan Padangbai Bali menyiapkan 23 unit armada kapal ke tujuan Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pulang-pergi, untuk angkutan mudik Lebaran 2023.

Manager ASDP Padangbai Hermin Welkis mengatakan angka pemudik tahun ini diprediksi naik hingga 14 persen dibandingkan tahun lalu.

“Kapal yang kami siapkan sudah terkonfirmasi lintasan dari Lembar itu 23 unit yang sudah siap untuk melaksanakan angkutan Lebaran. Kami prediksi kurang lebih sekitar 14 persen (kenaikan penumpang) dari realisasi tahun 2022,” katanya saat dihubungi, Senin (10/4).

Ia memperkirakan jumlah pemudik dan kendaraan yang menyebrang lewat Pelabuhan Padangbai bisa mencapai ratusan penumpang maupun kendaraan per hari, tidak akan mencapai ribuan. Pasalnya, pemudik yang menyebrang dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar kemungkinan masyarakat Bali saja.

“Yang dari Pulau Jawa mungkin menyebrang dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) langsung ke (pelabuhan) Lembar. Per hari (sekitar) ratusan tidak sampai ribuan. Kendaraan saya kira tidak terlalu signifikan, sama (jumlahnya),” imbuhnya.

Pada H-8 Lebaran, ASDP sudah menyiapkan sejumlah posko mudik di Pelabuhan Padangbai lantaran penumpang sudah mulai berdatangan, serta diprediksi akan padat pada H-2 Idulfitri.

“Pemudik sekitar H-2 itu yang padat. Perbaikan infrastruktur hari ini rampung semua,” ungkapnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *