Kebakaran Hutan Landa Gangneung Korsel, Ratusan Warga Dievakuasi

Lebih dari 500 orang dievakuasi dari rumah mereka di kota pesisir timur Gangneung, Korea Selatan (Korsel), akibat kebakaran hutan parah di wilayah tersebut. Kobaran api makin membesar di tengah embusan angin kencang pada Selasa, 11 April 2023.

Namun, kekhawatiran meluasnya kebakaran hutan mereda setelah hujan membantu petugas pemadam dalam menjinakkan kobaran api.

“Sebagian besar kobaran api padam pada pukul 16.30 (waktu setempat), setelah menghanguskan sekitar 170 hektare lahan,” kata Dinas Kehutanan Korea, dilansir dari Channel News Asia.

Kebakaran hutan itu telah melukai tiga orang, termasuk dua petugas pemadam, dan juga menghancurkan puluhan bangunan.

Kobaran api tampaknya dimulai setelah angin kencang meniup sejumlah pepohonan yang menyentuh kabel listrik dan memicu percikan.

Petugas pemadam kebakaran telah berjuang untuk memadamkan kobaran api yang bergerak cepat, dan guyuran hujan berhasil membantu upaya pemadaman.

Foto dan rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan kebakaran yang melahap hutan, ladang dan juga sejumlah gedung.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol telah memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan semua sumber daya tersedia untuk memadamkan api secepat mungkin. Ia juga meminta agar penduduk terdekat dievakuasi guna meminimalisasi angka korban.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *