Dalam Pesan Paskah, Paus Fransiskus Doakan Perdamaian Palestina-Israel

Konflik Palestina-Israel juga masuk dalam pesan Paskah Paus Fransiskus. Ia berharap dialog perdamaian bisa terlaksana.

“Pada hari ini, Tuhan, kami mempercayakan kepada Anda kota Yerusalem, saksi pertama kebangkitanMu,” kata Paus Fransiskus, dikutip dari AFP, Senin, 10 April 2023.

“Saya menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan beberapa hari terakhir ini yang mengancam iklim kepercayaan dan rasa hormat yang diharapkan, yang diperlukan untuk melanjutkan dialog antara Israel dan Palestina, sehingga perdamaian dapat memerintah di Kota Suci dan di seluruh wilayah,” sambungnya.

Ketegangan Israel-Palestina meningkat tajam sejak penggerebekan polisi Israel pekan lalu di masjid Al-Aqsa di Yerusalem, yang menyebabkan kemarahan di seluruh dunia Arab.

Pada Sabtu lalu, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) memperingatkan tentang potensi terjadinya “konfrontasi agama” di tengah ketegangan setelah serangan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur.

Serangan Israel di Masjid Al-Aqsa memicu tembakan roket dari Jalur Gaza dan Lebanon, dan Israel membalasnya dengan serangan udara.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan luar biasa, OKI mengutuk “sekeras-kerasnya eskalasi berbahaya oleh pasukan pendudukan Israel dan pemukim teroris yang berulang kali menyerbu Masjid Al-Aqsa yang diberkahi.”

OKI meminta pertanggungjawaban Israel “atas konsekuensi dari tindakan berbahaya dan provokatif dari pemerintah rasisnya ini, yang terus melakukan serangan brutal secara sistematis, provokasi yang disengaja, dan hasutan berulang kali, untuk mengobarkan situasi dan memprovokasi konfrontasi agama dengan konsekuensi yang tidak terduga.”

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *