Finlandia Gabung NATO, Begini Tanggapan Rusia

Rusia mengatakan akan meningkatkan kehadiran militernya di wilayah barat dan barat laut Negara Beruang Merah. Ini sebagai tanggapan atas bergabungnya Finlandia dengan NATO.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengumumkan pada hari sebelumnya bahwa Finlandia akan menjadi anggota ke-31 aliansi militer pada Selasa.

“Kami akan memperkuat potensi militer kami ke arah barat dan barat laut,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

sumber daya anggota NATO lainnya di wilayah Finlandia, kami akan mengambil langkah tambahan untuk memastikan keamanan militer Rusia secara andal,” tambahnya.

Rusia dan Finlandia berbagi perbatasan sepanjang 1.300 kilometer.

Finlandia dan Swedia membatalkan kebijakan non-blok militer selama puluhan tahun dan mendaftar untuk bergabung dengan aliansi barat Mei lalu setelah serangan Moskow di Ukraina.

Kremlin bersikeras pada Maret lalu bahwa Rusia bukanlah ancaman bagi kedua negara Nordik dan tidak memiliki ‘perselisihan’ dengan mereka.

Rusia, bagaimanapun, melihat perluasan NATO sebagai ancaman ‘eksistensial’ terhadap keamanannya. Mereka telah menggunakan keinginan Ukraina untuk bergabung dengan aliansi tersebut demi membenarkan serangan tersebut.

Ancaman NATO

NATO diciptakan sebagai penyeimbang Uni Soviet pada permulaan era Perang Dingin yang dimulai segera setelah Sekutu mengalahkan Nazi Jerman.

Blok tersebut telah melalui gelombang ekspansi yang membawanya semakin dekat ke perbatasan Rusia.

Jangkauan NATO ke negara-negara Eropa timur dan selatan yang pernah berada di bawah kendali efektif Moskow membuat marah Kremlin dan membuat tegang hubungannya dengan Washington.

Putin menyebut ancaman perluasan NATO ke Ukraina sebagai salah satu alasan utamanya melancarkan perang 13 bulan lalu.

Pada awalnya, Kremlin tampaknya meremehkan pentingnya perbatasan aliansi yang bergerak maju untuk menyentuh bentangan baru perbatasan barat laut Rusia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *