Akhirnya Turki Beri Dukungan Finlandia untuk Gabung dengan NATO

Parlemen Turki pada Kamis 30 Maret 2023 meratifikasi aplikasi Finlandia untuk bergabung dengan NATO. Dukungan ini mengangkat rintangan terakhir di jalan aksesi negara Nordik yang telah lama tertunda ke dalam aliansi militer Barat.

Semua 276 anggota parlemen yang hadir memberikan suara mendukung tawaran Finlandia, beberapa hari setelah parlemen Hongaria juga mendukung aksesi Helsinki.

“Ini akan membuat seluruh keluarga NATO lebih kuat dan lebih aman,” tulis Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Twitter menyambut dukungan Turki, seperti dikutip AFP, Jumat 31 Maret 2023.

Khawatir dengan invasi Rusia ke Ukraina setahun yang lalu, Finlandia dan Swedia meninggalkan kebijakan nonblok mereka selama puluhan tahun dan mendaftar untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

Kebulatan suara penuh diperlukan untuk menerima anggota baru ke dalam aliansi 30 anggota, dan Turki dan Hongaria adalah dua anggota NATO terakhir yang meratifikasi aksesi Finlandia.

Tawaran Swedia untuk bergabung dengan aliansi tersebut, sementara itu, dibiarkan menggantung, dengan Turki dan Hongaria bertahan untuk memberikan lampu hijau meskipun menyatakan dukungan untuk ekspansi NATO.

Pemerintah Turki menuduh Swedia terlalu toleran terhadap kelompok yang dianggap sebagai organisasi teroris dan ancaman keamanan, termasuk kelompok militan Kurdi dan orang-orang yang terkait dengan upaya kudeta tahun 2016.

Baru-baru ini, Turki dibuat marah oleh serangkaian demonstrasi di Swedia, termasuk protes oleh seorang aktivis anti-Islam yang membakar Alquran di luar Kedutaan Besar Turki.

Pemerintah Hongaria berpendapat beberapa politisi Swedia telah membuat pernyataan mengejek tentang kondisi demokrasi Hongaria dan memainkan peran aktif dalam memastikan bahwa miliaran dana Uni Eropa dibekukan atas dugaan pelanggaran aturan hukum dan demokrasi.

Pejabat Turki mengatakan bahwa tidak seperti Swedia, Finlandia memenuhi kewajibannya berdasarkan memorandum yang ditandatangani tahun lalu di mana kedua negara berjanji untuk mengatasi masalah keamanan Turki.

“Sebagai anggota NATO, kami secara alami memiliki beberapa harapan dan permintaan mengenai masalah keamanan negara kami,” kata Akif Cagatay Kilic, seorang legislator dari partai pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan, kepada parlemen sebelum pemungutan suara.

“Saya ingin menggarisbawahi hal yang konkret langkah-langkah dan penerapannya oleh Finlandia, yang mendukung dan membentuk keputusan yang kami ambil di sini,” tutur Kilic.

Kilic menambahkan: “Saya sadar bahwa ada banyak orang yang mengawasi kami dari Finlandia. Kita dapat mengatakan kepada mereka: ‘Selamat datang di NATO,’”

Beberapa partai oposisi mengkritik posisi pemerintah Turki terhadap kedua negara Nordik tersebut.

“Sayangnya, (partai penguasa Erdogan) mengubah hak untuk memveto tawaran keanggotaan Finlandia dan Swedia menjadi alat pemerasan dan ancaman. Kami tidak menyetujuinya,” kata Hisyar Ozsoy, seorang legislator dari partai pro-Kurdi.

“Kami menemukan proses tawar-menawar (untuk mendesak) ekstradisi para penulis, politisi, dan jurnalis pembangkang Kurdi menjadi jelek, salah, dan melanggar hukum,” tegas Hisyar.

Ditanya awal pekan ini tentang keanggotaan NATO Swedia, Erdogan mengatakan kepada wartawan: “Ada hal-hal tertentu yang kami harapkan dari mereka. Itu harus dipenuhi dulu.”

Swedia, yang membuat perubahan konstitusi untuk meloloskan undang-undang anti-terorisme yang lebih keras, telah menyatakan harapannya untuk dapat bergabung sebelum KTT Juli NATO di Vilnius, Lituania.

“Swedia menghadapi hambatan yang lebih signifikan dalam upayanya,” tulis Hamish Kinnear, analis Timur Tengah dan Afrika Utara di perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft, dalam komentar email.

“Turki tidak mungkin menyetujui penerimaannya ke dalam aliansi sebelum pemilihan pada bulan Mei. Insiden pembakaran Al-qur’an memicu kemarahan rakyat di Turki dan Presiden Tayyip Recep Erdogan tidak ingin mengambil risiko membuat marah basis konservatifnya menjelang pemungutan suara,” kata Kinnear.

Aksesi Finlandia, yang memiliki perbatasan sepanjang 1.340 kilometer (832 mil) dengan Rusia, memiliki kepentingan geografis dan politik bagi NATO, kata Mai’a Cross, profesor ilmu politik di Northeastern University.

“Finlandia berada di lokasi strategis yang sangat penting dan pergeseran semacam itu dari kenetralan untuk menanggapi agresi Rusia memperkuat demonstrasi kemauan politik NATO,” katanya.

Cross menambahkan bahwa penundaan itu memberi Finlandia lebih banyak kesempatan untuk bersiap.

“Finlandia sudah duduk dalam pertemuan dengan NATO. Itu sudah membenahi angkatan bersenjatanya. Jadi ketika melangkah ke NATO secara formal, itu benar-benar dapat mulai berjalan,” pungkas Cross.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *