Michelle Yeoh Jadi Perempuan Asia Pertama Raih Best Actress Oscar

Michelle Yeoh berhasil mencetak sejarah kala menjadi pemenang kategori Best Actress untuk Piala Oscar 2023 alias Academy Awards ke-95.

Ia tak hanya mendapat Piala Oscar pertama sepanjang kariernya, tetapi juga menjadi perempuan Asia pertama yang berhasil menang kategori Best Actress.

Capaian itu diraih berkat penampilan brilian Yeoh sebagai Evelyn Wang, karakter utama film Everything Everywhere All at Once. Ia pun tak kuasa menahan haru ketika menyampaikan pidato kemenangan di atas panggung Oscar.

Yeoh berpesan kepada anak-anak, terutama para keturunan Asia, bahwa mereka juga berhak untuk merawat harapan serta cita-cita mereka.

Ia juga mengucapkan penghargaan ini adalah bukti bahwa umur tak bisa menjadi penghambat bagi setiap orang yang ingin mengejar mimpi.

Yeoh pun berpesan agar semua perempuan tidak peduli dengan omongan miring orang lain, terutama komentar soal usia produktif. Hal itu tak lepas dari Yeoh yang berhasil menang Piala Oscar di usia 60 tahun.

“Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini adalah bukti nyata dari sebuah mimpi,” ucap Yeoh, Minggu (12/3) waktu setempat.

“Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan untuk para perempuan, jangan biarkan siapa pun mengomentari kalian bahwa kalian sudah melewati masa jaya. Jangan pernah menyerah,” lanjutnya.

Yeoh juga mempersembahkan penghargaan ini kepada semua ibu yang ada di dunia. Menurutnya, ibu adalah pahlawan yang berjasa dalam setiap pencapaian yang diraih semua orang termasuk para peraih Piala Oscar tahun ini.

Ia pun terlihat berusaha untuk terus menahan air mata agar tak jatuh hingga suasana malam itu menjadi semakin haru.

“Para ibu benar-benar superhero, dan tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” ucapnya.

Piala Best Actress yang diraih Michelle Yeoh memperbesar dominasi Everything Everywhere All at Once dalam Piala Oscar tahun ini.

Film arahan The Daniels itu meraih total 7 piala dari berbagai kategori tahun ini, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Supporting Actor untuk Ke Huy Quan.

Sementara itu, Yeoh berhasil unggul dari aktris lain seperti Cate Blanchett untuk Tar, Michelle Williams untuk The Fabelmans, Andrea Riseborough untuk To Leslie, dan Ana de Armas untuk Blonde.

Dalam Minggu (12/3) malam waktu Los Angeles, Everything Everywhere All At Once didapuk sebagai pembawa piala kategori paling prestise, Best Picture. Sekaligus, film ini menjadi film dengan kemenangan Oscar terbanyak, yakni tujuh piala.

Selain itu, Michelle Yeoh bersama Brendan Fraser juga mencetak sejarah. Mereka baru pertama kali masuk nomine Oscar setelah sekian tahun berkecimpung di industri film dan langsung memenangkan piala.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *