Bruce Willis Didiagnosis Idap Demensia Frontotemporal

Bruce Willis didiagnosis mengalami demensia frontotemporal. Kabar kesehatan Bruce Willis itu diungkapkan pihak keluarga di laman Association for Frontotemporal Generation pada Kamis (16/2).
Pengumuman terbaru mengenai kondisi Bruce Willis hadir kurang dari satu tahun setelah keluarga mengungkapkan bintang Die Hard itu memilih pensiun karena mengalami masalah kesehatan, afasia.

“Sejak kami mengumumkan diagnosis afasia Bruce pada musim semi 2022, kondisi Bruce berkembang dan kami sekarang memiliki diagnosis lebih spesifik: demensia frontotemporal (FTD),” tulis pihak keluarga, seperti diberitakan Variety, Kamis (16/2).

“Sayangnya tantangan komunikasi hanya salah satu gejala dari penyakit yang dihadapi Bruce. Meski ini menyakitkan, kami lega karena akhirnya mendapat diagnosis yang jelas.”

Keterangan itu juga ditulis Rumer Willis, putri tertua Bruce Willis, di media sosial sambil mengunggah foto sang ayah. Dalam unggahan itu, ia berterima kasih pada semua orang yang terus mendukung.

Hal itu pula yang membuatnya bersama keluarga memutuskan memberi tahu kondisi terbaru Bruce Willis itu kepada semua orang.

“Keluarga kami ingin memulainya dengan berterima kasih sangat dalam atas cinta dukungan, dan kisah-kisah begitu luar biasa yang kami terima sejak berbagi diagnosis awal Bruce,” tulis Rumer Willis.

“Atas dasar itu, kami ingin menginformasikan kabar terbaru suami, ayah dan teman tersayang karena kami sekarang mengerti hal yang sedang ia lalui.”

Demensia frontotemporal (FTD) adalah istilah umum untuk gangguan otak yang memengaruhi lobus frontal dan temporal otak. Itu merupakan area otak yang berkaitan dengan kepribadian, perilaku, dan bahasa.

Sehingga, pengidap demensia frontotemporal dapat ditandai dengan perubahan kepribadian, kesulitan berbicara, dan gangguan motorik.

Menurut Mayo Clinic, dementia frontotemporal kerap dimulai dari usia 40 dan 65 tahun, tapi bisa juga di usia senja. FTD adalah penyebab 10 persen hingga 20 persen dari semua diagnosis demensia.

Bruce Willis lahir pada 19 Maret 1955 dan telah berkarier di Hollywood sejak dekade ’80-an. Ia banyak terlibat sebagai bintang film action dengan yang paling terkenal adalah Die Hard.

Film Die Hard (1988) menuai kesuksesan luar biasa. Film berbujet US$35 juta itu mendapatkan box office hingga US$141 juta dan kemudian dibuat sekuelnya pada 1990, 1995, 2007, dan 2013.

Selain saga Die Hard, Bruce Willis juga terlibat dalam film populer lainnya seperti Pulp Fiction (1994), Armageddon (1998), Charlie’s Angels: Full Throttle (2003), Ocean’s Twelve (2004), hingga The Expendables (2010).

Pada 2010-an, Bruce Willis lebih banyak membintangi film berformat video rumahan. Ia juga lebih banyak menjadi kameo untuk film-film pada era tersebut.

Bruce Willis juga pernah membintangi serial televisi sejak 1980-an. Beberapa yang dikenal adalah Miami Vice (1984), Ally McBeal (1999), dan Friends (2000).

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *