Ribuan Warga California Masih Tak Punya Air Usai Gempa 6,4 Magnitudo

Petugas utilitas berupaya memulihkan listrik, layanan gas dan air ke ribuan rumah yang ditinggalkan akibat gempa bumi di pantai utara California, Amerika Serikat (AS). Sebanyak dua orang tewas, dan 17 lainnya terluka akibat gempa yang mengguncang wilayah itu pada Selasa lalu.

Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo itu terjadi sebelum matahari terbit pada Selasa kemarin di lepas pantai Humboldt yang berjarak 400 kilometer Teluk San Francisco.

Mereka yang tewas dilaporkan merupakan dua orang lanjut usia dengan riwayat penyakit sebelum meninggal. “Mereka meninggal dengan catatan akibat dari keadaan darurat medis yang diderita selama atau tempat setelah gempa,” kata kantor sheriff daerah.

Inspeksi properti berlanjut sehari setelah gempa. “Sebanyak 30 rumah dan toko dinyatakan tidak aman secara struktural sebagai kerusakan akibat gempa,” kata pejabat setempat, dilansir dari AFP, Kamis, 22 Desember 2022.

Sebagian besar kerusakan terjadi di Kota Rio Dell yang terpukul parah. Sebanyak 3.400 penduduknya tetap hidup tanpa aliran air pada Rabu kemarin. Setelah gempa, listrik padam di sekitar 79.000 rumah dan bisnis di seluruh wilayah.

Pada Rabu sore petugas utilitas telah memulihkan daya ke semua, kecuali sekitar 1.700 pelanggan. Hal ini dikutip menurut situs web pelacakan jaringan listrik PowerOutage.us.

Jembatan yang dilanda gempa di luar kota terdekat Ferndale dan rute utama ke komunitas itu masih ditutup karena petugas jalan terus melakukan perbaikan.

Sherrif Humboldt, William Hosnal mengumumkan keadaan darurat lokal kemarin. Hal ini memungkinkan wilayah itu meminta penggantian negara bagian dan federal untuk perbaikan kerusakan dan biaya terkait bencana lainnya.

Tak hanya mereka, Kota Eureka dan Rio Dell juga melakukan hal yang sama.

Wilayah Humboldt merupaka daerah yang sebagian besar wilayahnya adalah pedesaan. Wilayah ini berjarak dua jam berkendara ke selatan perbatasan Oregon.

Wilayah ini juga kerap dilanda gempa. Namun, gempa terbaru menyebabkan gangguan yang lebih besar dan parah dibanding sebelumnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *