Netanyahu Kembali Jadi PM Israel, Biden Ucapkan Selamat

Kembalinya mantan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu ke kekuasaan Israel mendapatkan sambutan hangat dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Biden pada Senin, 7 November 2022 memberikan ucapan selamat kepada Netanyahu.

Biden mengucapkan selamat kepada Benjamin Netanyahu dalam percakapan telepon dengan Netanyahu dan menurut siaran pers dari Gedung Putih dari memuji pemilihan Israel yang bebas dan adil.

“Kami berharap dapat terus bekerja dengan pemerintah Israel untuk kepentingan dan nilai bersama kami,” kata Karine Jean-Pierre, Sekretaris Pers Gedung Putih dalam kutipan UPI, 7 November 2022.

Netanyahu telah memenangkan pemilihan Perdana Menteri pada Kamis, 3 November 2022 telah mengalahkan petahana Yair Lapid, seorang sentris yang telah menjabat sebagai Perdana Menteri sejak Juli. Lapid mengakui kemenangan Netanyahu, yang mewakili blok konservatif Likud.

Biden juga berbicara tentang kemitraan bilateral antara Amerika Serikat dan Israel, yang telah ia perkuat sejak menjabat pada 2021. Presiden mengunjungi Israel selama musim panas sebagai bagian dari perjalanan 4 hari ke Timur Tengah di mana ia bertemu dengan beberapa pemimpin.

Netanyahu juga menerima telepon dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Netanyahu berjanji untuk menyelidiki dengan serius situasi di Ukraina begitu dia menjabat, mengacu pada invasi oleh Rusia, Times of Israel melaporkan. Zelensky memberikan tawaran kepada Netanyahu untuk mengunjungi Kyiv.

Netanyahu telah lama menjalin hubungan positif dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, sejauh mengatakan mereka memiliki persahabatan, tetapi baru-baru ini dua minggu lalu dia meminta Rusia untuk mengakhiri perangnya melawan Ukraina, menurut berita Timur Tengah dan Afrika Utara. organisasi The National News.

Kemenangan Netanyahu menutup penampilan kuat partainya pada hari pemilihan, memenangkan mayoritas 64 kursi di Knesset, badan legislatif Israel. Netanyahu sudah menjadi salah satu Perdana Menteri terlama dalam sejarah negara itu, setelah menjabat selama 12 tahun sebelum dicopot dari jabatannya pada 2021.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Koran-Jakarta.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *