Pebalap Victor Steeman Meninggal Dunia, WSBK dan MotoGP Berduka

Pebalap WorldSSP 300, Victor Steeman, meninggal dunia usai mengalami kecelakaan fatal pada balapan di Portugal, Sabtu (8/10/2022). Kepergian Steeman membuat pihak WSBK dan MotoGP ikut berduka.

Dilansir dari laman resmi WSBK, Victor Steeman, mengalami kecelakaan pada Race 1 balapan seri ke-8 Supersport 300 World Championship atau WorldSSP 300 di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal.

Victor Steeman yang membela tim MTM Kawasaki terlibat dalam kecelakaan dengan para pebalap lain di Tikungan 14 Sirkuit Algarve.

Akibat kecelakaan tersebut, red flag dikibarkan dan balapan pun dihentikan.

Steeman sempat mendapatkan penanganan medis di tepi lintasan sebelum diterbangkan menggunakan helikopter ke Rumah Sakit Faro.

Namun, upaya keras yang dilakukan tim medis sirkuit, marshal, dan staf rumah sakit tak mampu menyelamatkan nyawa Steeman.

Pebalap 22 tahun asal Belanda itu pun meninggal dunia akibat cedera serius yang ia dapatkan.

“Sesuatu yang selalu ditakuti sebagai orang tua dari seorang pebalap motor kini telah terjadi. Victor kami tidak bisa memenangi balapan terakhir ini,” bunyi pernyataan resmi keluarga Steeman.

“Terlepas dari kehilangan dan kesedihan yang tak tertahankan, kami sangat bangga untuk berbagi dengan Anda bahwa pahlawan kita, melalui kematiannya, dapat menyelamatkan 5 orang lainnya dengan menyumbangkan organ tubuhnya.”

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas cara hidup Anda hidup bersama kami selama beberapa hari terakhir. Kami akan sangat merindukan Victor.”

Victor Steeman sebenarnya sedang menjalani musim yang baik di WorldSSP 300 yang merupakan salah satu balapan kelas pendukung Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

Sebelum seri pamungkas di Portugal, Steeman adalah salah satu kandidat juara dunia musim ini.

Sepanjang musim ini, Steeman sukses mengemas empat kemenangan, lima kali naik podium, dan meraih tiga pole positions.

Steeman juga mengukir sejarah melalui pole position yang ia raih pada seri ke-7 di Catalunya. Ia menjadi pebalap dengan raihan pole position terbanyak di kelas WorldSSP 300.

Meninggalnya Victor Steeman membuat pihak WSBK berduka. Selain mereka, MotoGP dan tim-tim yang berpartisipasi juga turut menyampaikan duka mendalam atas kepergian sang pebalap.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *