Penguatan Dolar Tekuk Rupiah ke Rp15.155

Nilai tukar rupiah bertengger di Rp15.155 per dolar AS pada Selasa (27/9) pagi. Mata uang Garuda melemah 26 poin atau 0,17 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mayoritas mata uang di kawasan Asia terpantau di zona hijau. Yen Jepang menguat 0,10 persen, baht Thailand menguat 0,06 persen, peso Filipina menguat 0,01 persen, won Korea Selatan menguat 0,24 persen, dan yuan China melemah 0,38 persen

Dolar Singapura juga menguat 0,13 persen dan dolar Hong Kong terpantau stagnan pada pembukaan perdagangan pagi ini.

Sementara, mata uang utama negara maju kompak berada di zona hijau. Tercatat euro Eropa menguat 0,21 persen, poundsterling Inggris menguat 0,59 persen, dan franc Swiss menguat 0,13 persen.

Lalu, dolar Australia menguat 0,31 persen, dan dolar Kanada menguat 0,24 persen.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan rupiah akan kembali melemah di perdagangan hari ini didorong oleh penguatan dolar AS yang imbal hasil obligasinya melonjak.

“BI sendiri diperkirakan tidak akan mengikuti langkah agresif rekan bank sentral lainnya dalam menaikkan suku bunga oleh kekhawatiran resesi, seperti yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani kemarin,” jelasnya kepada CNNIndonesia.com.

Dari sisi domestik, ekspektasi kenaikan inflasi membuat investor masih menghindari untuk berinvestasi di obligasi pemerintah.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : SINDOnews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *