Federer Umumkan Pensiun dari Ajang Tenis ATP dan Grand Slam

Roger Federer mengumumkan akan pensiun dari tenis ATP dan Grand Slam setelah mengikuti kejuaraan Laver Cup yang bakal diselenggarakan 23-25 September.

Sebuah surat pengumuman empat halaman yang dirilis pada Kamis (15/9) malam waktu Indonesia menjadi tanda perpisahan salah satu tunggal putra terbaik di dunia itu.

Legenda tenis asal Swiss itu menyatakan tak lagi bisa mencapai kebugaran maksimal untuk bisa dapat bersaing dan tetap kompetitif.

“Seperti yang Anda ketahui, tiga tahun terakhir telah memberi saya tantangan dalam bentuk cedera dan operasi. Saya telah bekerja keras untuk kembali ke performa kompetitif penuh. Tetapi saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya, dan pesannya untuk saya akhir-akhir ini telah jelas.”

“Saya berusia 41 tahun. Saya telah memainkan lebih dari 1500 pertandingan selama 24 tahun. Tenis telah memperlakukan saya dengan lebih murah hati daripada yang pernah saya impikan, dan sekarang saya harus menyadari kapan saatnya untuk mengakhiri karir kompetitif saya,” tulis Federer.

Pemilik 20 gelar Grand Slam itu menegaskan Laver Cup menjadi ajang ATP terakhir yang akan ia ikuti. Hanya saja Federer menyatakan bakal tetap bertanding, namun tidak di ajang ATP termasuk Grand Slam.

Federer menyatakan perpisahan dari dunia yang membesarkan namanya begitu penuh warna.

Dalam suratnya Federer juga menyatakan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung, mulai keluarga, tim pelatih, sponsor hingga fans.

Federer menjadi salah satu nama yang menonjol dalam dunia tenis dalam dua dasawarsa terakhir dan terlibat dalam duel melawan sederet nama besar seperti Andre Agassi, Lleyton Hewitt, Andy Roddick, Novak Djokovic, dan Rafael Nadal.

Sederet gelar bergengsi yang diraih adalah enam gelar di Australia Open, satu gelar di French Open, delapan gelar di Wimbledon, dan lima gelar di US Open. Secara keseluruhan Federer mengoleksi 100 gelar, serta 1200 kemenangan.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *