Guillermo del Toro Kecam Oscar 2022 Tak Siarkan Beberapa Kategori

Sutradara Guillermo del Toro mengecam keputusan The Academy yang tidak menyiarkan langsung delapan kategori dalam Piala Oscar 2022. Ia menegaskan begitu banyak orang terlibat di balik pembuatan film.

“Kami tidak membuat [film] sendirian, kami melakukannya bersama-sama,” kata Del Toro. “Dan orang-orang yang membuatnya bersama kami, mereka mempertaruhkan segalanya dalam pandemi.”

“Kalau pun ada momen yang mesti dipertimbangkan, ini bukan ketika tidak mendengar nama mereka langsung di Oscar. Tahun ini mestinya diumumkan, dengan lantang,” katanya.

Dilansir dari EW pada Selasa (1/3) waktu AS, pernyataan itu disampaikan saat sutradara film Nightmare Alley, Hellboy, dan Pinocchio itu menerima piala Filmmaking Achievement Award dari the Hollywood Critics Association.

Para Penata Dekorasi Film Merasa Dikucilkan dalam Oscar 2022
Peraih Piala Oscar 2018 itu kemudian mengajak sineas lain yang hadir di acara itu untuk ikut menentang keputusan The Academy.

Menurutnya, 2021 merupakan tahun yang hebat bagi industri film sehingga keputusan untuk tidak menyiarkan delapan kategori tersebut seharusnya tidak dilakukan.

“Banyak dari kalian yang memiliki suara dan itu bisa menyerukan ‘mestinya itu tidak kita lakukan’,” kata del Toro.

Tidak lama setelah pernyataan Del Toro, pimpinan The Academy Dawn Hudson dan David Rubin memberikan klarifikasi kepada Deadline terkait kontroversi Oscar yang menuai kecaman dari banyak pihak.

Mereka berdua menekankan delapan kategori yang terdampak masih akan dirayakan dalam siaran langsung. Pengumuman dan pidato kemenangan kategori tersebut akan masuk ke siaran langsung dengan beberapa pengeditan.

“Kita tidak akan kehilangan momen-momen hebat itu,” kata Hudson. “Intinya, kami ingin semua pidato hebat dan semua pidato menyentuh yang kalian dengar akan ada di tayangan Oscar untuk semua kategori,”

Beberapa waktu lalu, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) atau The Academy mengumumkan bahwa delapan kategori Piala Oscar tahun ini tidak akan disiarkan langsung di televisi.

Kategori tersebut yaitu Documentary Short, Film Editing, Makeup and Hairstyling, Original Score, Animated Short, Production Design, dan Sound.

Keputusan AMPAS itu juga sempat mendapat kecaman, termasuk oleh anggota organisasi itu sendiri. Sejumlah anggota mengeluhkan hal tersebut kepada Hollywood Reporter seperti yang dirilis pada Rabu (23/2) waktu Amerika Serikat.

“Ini kegagalan total,” ungkap salah satu anggota AMPAS. “Ini adalah contoh lain dari [pimpinan] Academy yang tunduk pada jaringan [televisi]. Ada banyak orang yang sangat kecewa,” lanjutnya.

Piala Oscar 2022 atau The Academy Awards ke-94 akan digelar pada 27 Maret di Dolby Theatre waktu AS. Malam penghargaan ini akan disiarkan di stasiun TV ABC dan dipandu oleh Regina Hall, Amy Schumer, dan Wanda Sykes.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *