Biden dan Jajaran Pemimpin Eropa Bahas Isu Ketegangan Rusia-Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar konferensi video dengan jajaran pemimpin Eropa dalam mendiskusikan isu ketegangan terkini antara Rusia dan Ukraina. Ini merupakan kelanjutan dari upaya diplomatik dalam menurunkan kekhawatiran akan terjadinya invasi Rusia ke Ukraina.

Para pemimpin Eropa yang mengikuti konferensi video bersama Biden di antaranya Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Presiden Polandia Andrzej Duda dan PM Inggris Boris Johnson.

“Mereka semua menekankan kekhawatiran mengenai penumpukan personel militer Rusia di perbatasan, serta mengekspresikan dukungan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina,” ujar pernyataan Gedung Putih, dilansir dari Anadolu Agency, Selasa, 25 Januari 2022.

Selama konferensi video, para pemimpin Eropa mengekspresikan harapan yang sama mengenai tercapainya sebuah resolusi diplomatik untuk menurunkan ketegangan isu Rusia-Ukraina.

“Jajaran pemimpin juga mendiskusikan upaya gabungan untuk mencegah agresi Rusia terhadap Ukraina, termasuk mempersiapkan konsekuensi masif serta sanksi ekonomi berat dan juga penguatan keamanan di sisi timur NATO,” sebut Gedung Putih.

“Mereka berkomitmen untuk melanjutkan konsultasi dengan para sekutu dan mitra transatlanik, termasuk berkoordinasi melalui Uni Eropa, NATO dan OSCE,” sambungnya. OSCE merujuk pada Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa.

AS beserta para sekutu NATO menuduh Rusia dapat sewaktu-waktu menginvasi Ukraina. Moskow berulang kali membantahnya, dan mengaku hanya ingin mendapat jaminan keamanan dari dunia Barat.

Dua permintaan utama Rusia kepada Barat adalah, NATO tidak boleh memperluas pengaruh di wilayah pusat dan timur Eropa, serta dilarang menerima Ukraina sebagai anggota baru aliansi. Sejauh ini, AS maupun NATO sama-sama menolak kedua permintaan tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *