Penumpang Lewat Bandara AP II Meningkat 15 Persen saat Nataru

PT Angkasa Pura II (AP II) klaim pergerakan penumpang pesawat selama periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru, terhitung pada periode 17 Desember 2021-3 Januari 2022, meningkat 15 persen menjadi 2,34 juta penumpang. Pada periode yang sama tahun lalu, yaitu 2,028 juta penumpang.

“Pergerakan penumpang tumbuh positif 15 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu,” ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam konferensi pers penutupan posko monitoring penyelenggaraan transportasi periode Natal 2021 dan tahun baru 2022, Selasa (4/1).

Ia mengatakan puncak pergerakan penumpang tersebut terjadi pada H-2 menjelang arus balik pada 2 Januari lalu.

Meski demikian, Awaluddin mengatakan jumlah pergerakan pesawat di 20 bandara yang dikelola AP II menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Selama periode libur Nataru kali ini, pergerakan pesawat turun 13 persen menjadi 21.853 dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 25.240.

Menurut Awaluddin, penurunan pergerakan pesawat seiring dengan berkurangnya jumlah pesawat operasi dari sejumlah maskapai dan pergantian jenis pesawat yang lebih mengoptimalkan pesawat berbadan besar.

“Juga hal-hal yang berkaitan dengan ditiadakannya extra flight dari Kementerian Perhubungan,” sambung dia.

Lebih lanjut, Awaluddin menyebut pergerakan angkutan kargo selama periode libur Natal dan tahun baru 2022 berhasil menembus 42.470 ton atau tumbuh 16 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Berdasarkan data tersebut, ia menilai pergerakan masyarakat selama periode tersebut tidak hanya berkaitan dengan aktivitas sosial dan keagamaan, tetapi juga dengan aktivitas logistik angkutan udara.

“Kami nilai pergerakan masyarakat berkaitan dengan aktivitas sosial dan keagamaan ditunjang juga dengan aktivitas logistik angkutan udara,” tandasnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *