‘Santa Claus’ Datang Bawa Kabar Baik, IHSG Dibuka Hijau

Satu hari jelang hari raya Natal, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat tipis 0,05% ke level 6.559.

Selang delapan menit, IHSG masih bergerak di zona hijau dengan penguatan 0,22% di level 6.569,07 Asing juga terpantau melakukan aksi jual sebesar Rp 12 miliar di pasar reguler.

Saham yang paling banyak diborong asing adalah saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan net buy masing-masing Rp 9,1 miliar dan Rp 5,8 miliar.

Saham yang paling banyak dilepas asing adalah saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) dan PT Bank Jago Tbk (ARTO) dengan net sell masing-masing Rp 6,1 miliar dan Rp 3,3 miliar.

Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup di zona hijau pada perdagangan Kamis (23/12/2021), setelah studi menyebutkan bahwa risiko fatalitas Omicron memang kecil sehingga tak memicu gelombang ketiga pandemi.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 196,67 poin (+0,55%) ke 35.950,56 dan Nasdaq tumbuh 0,83% ke 15.653,37. S&P 500 bertambah 0,62% ke 4.725,79 dan kini terpaut kurang dari 0,4% dari rekor tertingginya.

Hipotesis tersebut terbukti benar adanya. Varian terbaru Covid-19, yakni Omicron, terindikasisecara klinis memiliki tingkat fatalitas yang rendah. Artinya, jika terjadi penyebaran Omicron, tak akan terjadi kelumpuhan sistem layanan kesehatan seperti yang terjadi pada varian Delta.

Studi tersebut dikonfirmasi di Afrika Selatan dan Inggris. Di benua lain, yakni Amerika, pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan izin edar bagi dua obat penanganan Covid-19 yang dirilis oleh Pfizer dan Merck.

Kedua kabar tersebut menjadi kado Natal tahun ini, menghapus kekhawatiran yang dalam sebulan terakhir menyelimuti pemodal mengenai peluang terjadinya gelombang ketiga pandemi, dan pembatasan sosial (lockdown) skala besar.

Ke depan, ada harapan bahwa Omicron justru mengakhiri pandemi seperti yang terjadi pada Spanish Flu pada 1918 di mana masyarakat dan virus H1N1 saat itu sudah bisa berdamai dan hidup bersamaan, sampai sekarang.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Suara.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *