Sungai Cilutung Meluap, Empat Desa di Kabupaten Bogor Banjir

Empat desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat terendam banjir akibat Sungai Cilutung meluap pada Senin (21/12). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut hujan deras dalam durasi yang panjang di Bogor menjadi penyebab.

“Kondisi tersebut menyebabkan debit air Sungai Ci Lutung meluap. Kali ini merupakan anak Sungai Cidurian. Sedangkan empat desa terdampak tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat,” kata Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari lewat siaran pers, Selasa (21/12).

Desa terdampak dengan tinggi muka air sekitar 20 – 40 cm antara lain Desa Kalong Sawah dan Jugala Jaya di Kecamatan Jasinga, Desa Cibatok di Cibungbulang dan Desa Cijayanti di Babakan Madang.

Ada 167 rumah warga dan 1 masjid yang terendam. Sedikitnya 172 kepala keluarga atau sekitar 350 jiwa terdampak banjir. Akan tetapi, tidak ada warga yang mengungsi.

“BPBD setempat melaporkan tidak ada warga mengungsi,” ucapnya.

Abdul lalu mengimbau kepada pemerintah setempat dan masyarakat agar tetap waspada mengingat hujan ringan-sedang berpotensi terjadi beberapa hari ke depan.

Abdul mengatakan ada 37 kecamatan di Kabupaten Bogor berpotensi banjir dengan kategori sedang hingga tinggi, termasuk kecamatan yang terendam pada Senin kemarin (20/12).

“Warga diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan. Di samping itu, pemerintah daerah dan warga juga meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi puncak musim hujan,” ujarnya.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *