Inggris Kembali Wajibkan Penggunaan Masker untuk Cegah Berkembangnya Omicron

Inggris kembali mewajibkan penggunaan masker sebagai langkah pencegahan covid-19. Varian baru Omicron tengah mengancam Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan langkah pencegahan wajib diberlakukan demi menghentikan penyebaran covid-19 varian Omicron.

“Langkah-langkah yang berlaku hari ini adalah tindakan proporsional dan bertanggung jawab, dan ini akan memberikan waktu untuk berhadapan dengan varian baru ini,” ucap Johnson.

Per Selasa, 30 November 2021, warga Inggris wajib memakai masker di tempat umum, seperti angkutan umum, pusat perbelanjaan, bank, dan salon. Seluruh pendatang dan pelaku perjalanan di Inggris juga wajib tes polymerase chain reaction (PCR) dua hari setelah ketibaan. Mereka turut diwajibkan isolasi mandiri sampai hasil keluar.

Menurut dia, langkah yang diambil tidak hanya untuk menghentikan penyebaran virus, tapi akan melindungi masyarakat. Dia berjanji kebijakan ini akan kembali dievaluasi dalam tiga pekan.

Johnson juga menyatakan siap mempercepat booster vaksin bagi orang dewasa di Inggris. “Berdasarkan yang kami ketahui, vaksin dan booster tetap jadi garis depan pertahanan terbaik,” tutur Johnson.

Hingga saat ini, pemerintah Inggris melaporkan 11 kasus varian Omicron. Pemerintah memprediksi jumlah tersebut bertambah dalam waktu dekat.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *