Ancaman Omicron, Malaysia Tunda Peralihan ke Fase Endemik

Upaya Malaysia untuk beralih ke fase endemik akan dihentikan sementara. Saat ini, pemerintah mencari tahu lebih lanjut tentang varian Omicron covid-19 yang baru.

Menteri Pertahanan Senior Hishammuddin Hussein mengatakan, pemerintah mengetahui varian tersebut tidak hanya menyebar di Afrika Selatan, tetapi juga ke beberapa negara lain termasuk Italia, Australia, Inggris, dan Hong Kong.

“Meskipun kami belum mendengar ada kasus di negara kami hingga saat ini, tindakan pencegahan akan terus diterapkan,” katanya dalam konferensi pers, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 1 Desember 2021.

“Kami prihatin bahwa semua yang kami rencanakan sebelumnya, pengumuman pelonggaran SOP (standard operating procedure), tujuh kriteria yang kami harapkan akan diumumkan dalam waktu dekat pada fase endemik, semua ini dapat terpengaruh jika kami jangan pantau penyebaran Omicron lebih dekat,” katanya.

Pemerintah Malaysia sebelumnya menetapkan tujuh kriteria yang harus dicapai sebelum kementerian kesehatan dapat menyatakan negara itu memasuki fase endemik hidup dengan virus covid-19.

Kriteria tersebut mencakup jumlah tempat tidur yang digunakan di rumah sakit, unit perawatan intensif, dan pusat karantina dan perawatan berisiko rendah covid-19, kapasitas pengujian di laboratorium dan tingkat kasus positif.

Hishammuddin mengatakan, kementerian kesehatan juga mencari informasi lebih lanjut tentang masa inkubasi, gejala dan penularan varian Omicron. Kementerian akan segera mengumumkan masalah tersebut.

Sementara itu, pemerintah akan memberlakukan kontrol perbatasan yang lebih ketat di negara-negara di mana varian baru itu lazim.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *