Kapolri Perintahkan Jajaran Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Natal dan Tahun Baru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin video conference yang dilaksanakan bersama seluruh jajaran Polri, dalam rangka kesiapan pengamanan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru, serta demi pencegahan kenaikan penyebaran Covid-19.

Listyo memerintahkan seluruh jajaran, khususnya Kapolda dan Kapolres untuk dapat melakukan pemetaan potensi kerawanan dan
mengantisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas yang ada.

“Situasi kamtibmas sampai dengan saat ini masih relatif kondusif. Namun perlu diantisipasi kalender kamtibmas akhir tahun 2021 di mana terdapat banyak kegiatan yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas apabila tidak dikelola dengan baik. Seluruh Kasatker dan Kasatwil sudah harus mulai memetakan potensi kerawanan dan mempersiapkan rencana pengamanan serta langkah-langkah antisipasi,” tutur Sigit dalam video conference, Kamis (25/11/2021).

Listyo menyebut, beberapa gangguan kamtibmas yang mesti diantisipasi antara lain gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, unjuk rasa, dan aksi terorisme. Selain itu, Polri juga harus bergerak cepat dalam upaya mitigasi bencana alam.

“Laksanakan simulasi penanganan bencana agar pada saat terjadi bencana maka seluruh personel yang bertugas sudah siap dan tahu akan tugasnya. Dirikan posko serta siapkan sarana-prasarana evakuasi dan penanggulangan genangan air bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk mempercepat penanganan banjir, evakuasi warga, distribusi logistik, dan lainnya,” jelas dia.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Sinar Jabar

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *