Presiden Nikaragua Daniel Ortega Klaim Kemenangan dalam Pemilu Kontroversial

Presiden Nikaragua Daniel Ortega mendeklarasikan kemenangan dalam sebuah pemilihan umum yang dikecam banyak pihak, baik di dalam maupun luar negeri. Jika memang dinyatakan menang, maka Ortega akan melanjutkan kepemimpinannya di Nikaragua untuk periode keempat.

Pria 75 tahun itu dan juga istrinya, Wakil Presiden Rosario Murillo, meraup 76 persen dukungan dari total suara yang telah dihitung di 98 persen TPS di seantero Nikaragua per hari Senin, 8 November 2021.

Dikutip dari Miami Herald, Ortega mencalonkan diri kembali dalam pemilu Nikaragua tanpa rival berarti pada hari Minggu kemarin.

Sejumlah politisi, pebisnis, jurnalis, dan juga aktivis yang berpotensi menjadi lawannya, telah ditangkap sejak Mei lalu. Dari total yang ditangkap, tujuh di antaranya adalah kandidat calon presiden.

Sebuah aliansi oposisi di Nikaragua juga dilarang ikut serta dalam pemilu terbaru. Tidak hanya itu, pengawas internasional serta jurnalis asing juga dilarang masuk ke Nikaragua untuk sekadar meliput jalannya pemungutan suara.

Kubu oposisi Nikaragua telah menyerukan masyarakat untuk memboikot Ortega. Mereka meminta agar semua warga Nikaragua tidak mengikuti pemilu yang diduga kuat telah dimanipulasi.

Sementara di kubu petahana, Ortega mengecam dugaan adanya campur tangan Amerika Serikat dalam pemilu di negaranya. Pemenang pemilu di Nikaragua akan berkuasa untuk lima tahun ke depan, dan juga memegang 90 dari 92 kursi di kongres.

Saat ini, Front Sandinista beserta sekutunya masih mengendalikan Kongres Nikaragua dan semua lembaga pemerintah. Ortega pertama kali menjabat sebagai presiden dari 1985 hingga 1990, sebelum akhirnya kembali berkuasa pada 2007.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *