Dolar Menguat, Yuan Jatuh ke Level Terendah

Dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), saat yuan Tiongkok di pasar luar negeri melemah terhadap greenback ke level terendah dalam hampir sebulan.

Kekhawatiran tentang dampak dari masalah solvabilitas pengembang properti Evergrande menakuti pasar keuangan dan mengangkat mata uang safe-haven.

Melansir Antara, Selasa, 21 September 2021, sentimen pasar diguncang oleh raksasa properti Tiongkok, Evergrande, yang mencoba mengumpulkan dana untuk membayar para pemberi pinjaman, pemasok, dan investor.

Pada Kamis pekan lalu, yuan menguat ke level tertinggi dalam tiga bulan di 6,4226 per dolar sebelum berbalik dipicu sentimen Evergrande yang kian memburuk.

Langkah itu dipertajam pada Senin pekan ini setelah peringatan dari regulator Tiongkok bahwa kebangkrutan perusahaan dapat memicu risiko yang lebih luas dalam sistem keuangan negara jika tidak stabil.

Analis di Wells Fargo mengatakan mereka memperkirakan dolar akan mencapai 6,60 per yuan dalam bulan depan. Yuan Tiongkok di perdagangan luar negeri terakhir melemah terhadap greenback di 6,4839 per dolar.

Dolar dan mata uang safe-haven lainnya seperti yen Jepang dan franc Swiss menguat karena sentimen penghindaran risiko (risk-off), yang membuat indeks S&P 500 Wall Street melaju untuk persentase penurunan satu hari terbesar dalam 11 bulan.

Indeks dolar naik 0,025 persen, dengan euro tidak berubah pada 1,1725 dolar.

Dolar juga telah menguat di tengah ekspektasi Federal Reserve akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan tahun ini.

Selain The Fed, beberapa bank sentral di seluruh dunia akan mengadakan pertemuan kebijakan minggu ini, termasuk dari Swedia, Inggris, dan Norwegia.

Yen Jepang menguat 0,58 persen versus greenback di 109,32 per dolar, sementara poundsterling terakhir diperdagangkan di 1,3656 dolar, turun 0,63 persen.

Dolar Kanada, juga mata uang komoditas yang berkorelasi dengan sentimen risiko, melemah ke level 1,2895 per dolar, level terendah dalam empat minggu. Terakhir turun 0,42 persen versus greenback di 1,28 dolar Kanada per dolar AS.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : kompas megapolitan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *