Pelatih Madura United Rahmad Darmawan Sarankan Liga 1 Pakai VAR

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, kembali mengusulkan penggunaan VAR di Liga 1 2021. Hal ini ia sampaikan ketika dimintai komentar terkait evaluasi pelaksanaan Piala Menpora 2021.

Menurutnya keberanian menerapkan teknologi pembantu wasit ini bakal menjadi lompatan besar bagi sepakbola Indonesia.

“Berani memakai teknologi VAR. Pasti akan semakin mendapatkan kepercayaan diri dari pecinta sepakbola tanah air,” ujar Rahmad Darmawan kepada Kompas.com.

Pelatih yang biasa disapa RD tersebut mengatakan penerapan VAR (Video assistant referee) banyak memberikan dampak positif.

Pertama adalah membantu terciptanya pertandingan yang bersih dan baik.

Selanjutnya, VAR juga menjadi media edukasi bagi wasit, pemain, pelatih dan penonton tentang penerapan Law of the Game yang benar.

Selain itu, penggunaan VAR juga akan memperkecil peluang pengaturan skor sekaligus ikut meningkatkan kepercayaan publik bahwa sepak bola Indonesia bisa lepas dari kontroversi.

Dalam kata lain, penggunaan VAR bisa mengubah wajah sepak bola Indonesia ke arah yang lebih modern dan futuristik.

“Kompetisi akan semakin berkualitas, harga kompetisi naik, dan otomatis sponsor tidak ragu menginvestasikan produknya kepada event sepak bola,” tutur mantan pelatih Tira Persikabo.

Di sisi lain, saran Rahmad Darmawan ini sedikit menyinggung kualitas pengadil lapangan di beberapa pertandingan Piala Menpora 2021.

Beberapa pertandingan Piala Menpora 2021 memang diwarnai keputusan wasit yang kontroversial.

Kasus terbanyak pemberian kartu yang dirasa berlebihan atau tidak tepat, serta masalah offside.

Hal ini pun membuat salah satu pihak merasa dirugikan atas keputusan kontroversial tersebut dan berimbas pada kepercayaan publik terhadap kualitas wasit di Indonesia.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *