Prancis dan Australia Mulai Wajibkan Penggunaan Masker

Prancis akan memberlakukan kewajiban menggunakan masker di ruang publik tertutup termasuk bank, toko dan pasar dalam ruangan mulai 20 Juli. Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan, ini sebagai sebagai bagian dari upaya untuk mengekang kebangkitan covid-19 di seluruh negeri.

“Pemerintah telah mempercepat rencana untuk mewajibkan memakai masker setelah serangkaian indikator menyarankan virus bisa mendapatkan momentum, terutama di daerah di Prancis barat dan selatan yang relatif terhindar selama puncak wabah antara Maret dan Mei,” ujar Veran, seperti dikutip AFP, Minggu 19 Juli 2020.

“Mulai Senin, mengenakan masker akan wajib di ruang tertutup. Itu menyangkut toko, bangunan yang terbuka untuk umum, pasar tertutup dan bank,” tegasnya.

Kondisi serupa juga diterapkan di kota terbesar kedua di Australia, Melbourne. Kota tersebut mewajibkan mengenakan topeng di depan umum, dimulai sejak Rabu 23 Juli tengah malam.

Melbourne meningkatkan upaya untuk mengendalikan wabah virus korona. Negara bagian Victoria, yang meliputi Melbourne, sekarang memiliki hampir 3.000 kasus covid-19 aktif setelah 363 infeksi dilaporkan pada Minggu meskipun dikunci 10 hari.

Premier Daniel Andrews mengatakan lebih dari lima juta orang di Melbourne dan tetangganya Mitchell Shire akan diharuskan mengenakan masker atau penutup wajah lainnya di ruang publik mulai Rabu tengah malam.

“Kebanyakan dari kita tidak akan meninggalkan rumah tanpa kunci kita. Kota tidak akan meninggalkan rumah kita tanpa ponsel kita,” katanya dalam konferensi pers.

“Anda tidak akan bisa meninggalkan rumah tanpa maskermu dan kemudian memakainya di tempat yang sangat penting untuk menghentikan penyebaran virus ini,” tegas Andrews.

Setiap warga yang melanggar aturan tersebut akan dikenakan denda hingga 200 dolar Australia atau sekitar Rp2 juta. meskipun Andrews mengatakan kebijaksanaan ‘akal sehat’ akan diterapkan untuk kegiatan seperti menjalankan atau mengunjungi bank.

“Bandana dan syal akan dapat diterima sebagai penutup wajah sampai negara dapat meningkatkan pasokan masker. Segala sesuatu lebih baik daripada tidak ada penutup wajah sama sekali,” jelasnya.

Keputusan itu menjadikan Melbourne tempat pertama di negara itu yang mengamanatkan penggunaan penutup wajah. Mengenakan topeng tidak umum di Australia dan belum menjadi bagian dari tanggapan covid-19 negara tersebut sampai sekarang.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *