Tokyo Zona Merah Infeksi Covid-19 di Jepang

Kasus virus korona kembali melonjak di ibu kota Jepang, Tokyo. Gubernur Tokyo memperingatkan para warga bahwa saat ini kota tersebut dalam kondisi waspada.

Meski demikian, belum ada kebijakan untuk kembali melakukan penutupan, yang berujung pada penutupan perusahaan atau penundaan acara.

“Para ahli baru saja memberitahu kami bahwa situasi infeksi berada di tingkat keempat dari sistem empat peringkat, yang berarti infeksi sangat menyebar,” kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 15 Juli 2020.

Pernyataannya muncul setelah para ahli mengatakan ada lonjakan infeksi pada anak muda di kota tersebut. Kasus-kasus ini terjadi tak hanya di kelab malam, tapi juga di perkantoran dan tempat-tempat keluarga.

“Penilaian kami infeksi sudah masuk ‘bendera merah’, level tertinggi,” kata salah seorang ahli, Norio Ohmagari.

Jepang sempat masuk dalam status ‘keadaan darurat nasional’ pada April lalu. Akhir Mei, Perdana Menteri Shinzo Abe mengangkat status tersebut.

Namun, kasus harian baru naik setelah keadaan darurat dihapus. Infeksi mencapai rekor baru pekan lalu dengan angka 243 kasus di Tokyo.

Jepang memiliki lebih dari 22.500 kasus dan hampir 1.000 kematian sejak virus pertama kali terdeteksi di sana. Namun, tidak ada yang meninggal akibat covid-19 di Tokyo selama tiga pekan terakhir.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *