Riza Patria Resmi Dilantik Jadi Wagub DKI

Presiden Joko Widodo resmi melantik politikus Gerindra Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta. Pelantikan Riza dihelat di Istana Presiden, Jakarta, pada Rabu siang (15/4).

Riza Patria akan menjadi Wagub DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan hingga masa jabatan berakhir pada 2022 mendatang. Posisi wagub DKI Jakarta telah lama kosong setelah ditinggal Sandiaga Salahuddin Uno yang mengundurkan diri karena menjadi peserta Pilpres 2019 lalu.

“Mengesahkan pengangkatan Ahmad Riza Patria Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 dan yang bersangkutan diberi gaji pokok dan tunjangan jabatan wakil kepala daerah,” ucap Presiden Joko Widodo saat melantik Riza.

Pelantikan Riza dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wagub DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 dan ditetapkan pada 15 April 2020.

“Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala uu dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Riza saat membacakan sumpah menirukan ucapan Jokowi.

Dalam acara pelantikan, hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo subianto dan beberapa petinggi negara lainnya.

Rizal terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta yang baru berdasarkan hasil Voting di DPRD DKI. Dia mendapat 81 suara, sementara pesaingnya dari PKS yakni Nurmansjah Lubis hanya memperoleh 17 suara.

Riza merupakan politikus Gerindra yang terdaftar sebagai anggota DPR 2014-2019 dan 2019-2024. Dia otomatis mundur dari kursi parlemen demi menjalani tugas sebagai wagub DKI Jakarta.

Riza bukan orang baru jika dikaitkan dengan pimpinan Pemprov DKI Jakarta. Dia pernah ikut Pilkada pada 2012 silam melawan pasangan Jokowi-Ahok empat pasangan calon lainnya

Kala itu, Riza menjadi calon wakil gubernur mendampingi cagub Hendardji Soepandji. Mereka tidak diusung parpol, melainkan independen meski Riza merupakan kader Gerindra.

Riza termasuk politikus yang jago beradu argumen. Dia dipilih menjadi Juru Debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 lalu.

“Setelah dilantik, baru saya bergabung membantu Pak Gubernur. Tentu prioritas pertama saya membantu Pak Gubernur menangani virus corona,” ucap Riza usai dipilih DPRD DKI Jakarta sebagai wagub pada awal April lalu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *