Bea Cukai Buat Protokol Cegah Virus Corona di Perbatasan

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyebut pihaknya tengah menyiapkan mekanisme penyambutan penumpang atau Customs, Immigration and Quarantine (CIQ) di perbatasan.

Heru mengatakan bahwa karantina yang akan diterapkan merupakan langkah kewaspadaan pemerintah terhadap penyebaran Virus Corona.

“Kesiapan bea cukai dalam rangka kedatangan penumpang adalah memberikan layanan dengan kewaspadaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Heru menyebut penanganan dan pengawasan CIQ di perbatasan laut dan darat akan efektif berlaku mulai Senin, (3/2). Dia mengatakan standar yang sama akan diberlakukan di seluruh perbatasan yang akan dilewati oleh penumpang.

Meski belum dapat merinci akan seperti apa protokol yang diberlakukan namun untuk lokasi karantina, pihaknya menyebut telah menyiapkan antisipasi sejak awal yang dilengkapi alat pemantau suhu badan.

“CIQ garis depan, di laut, darat, dan perbatasan semua border harus memiliki standar yg sama. Eksekutor di pelabuhan kargo laut dan udara ikut perkembangan lokasi karantina orang, semua sudah diantisipasi sejak awal,” paparnya.

Heru belum dapat merinci mekanisme bea cukai untuk barang masuk sebab pihaknya masih akan berfokus pada antisipasi kedatangan penumpang.

“Tunggu keputusan pemerintah untuk follow up, kita fokus ke orang,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : Cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *