Fed Makin Yakin Pangkas Bunga Acuan, Yen Kalahkan Dolar AS

Mata uang yen Jepang berbalik menguat melawan dolar Amerika Serikat (AS). Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) yang semakin jelas mengindikasikan akan memangkas suku bunga membuat performa greenback jeblok.

Pada Kamis (11/7/2019) pukul 07:28 WIB, yen diperdagangkan di JPY 108,16/US$ atau menguat 0,28% di pasar spot, mengutip data Refinitiv.

Dalam paparannya di hadapan Komite Perbankan Senat AS, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa investasi swasta di seluruh penjuru AS melemah. Powell menegaskan The Fed siap bertindak sesuai kebutuhan untuk mempertahankan ekspansi ekonomi AS.

Paparan Powell tersebut juga dikonfirmasi oleh rilis notula rapat kebijakan moneter The Fed yang berlangsung 20 Juni lalu. Notula yang dirilis dini hari tadi pukul 01:00 WIB menunjukkan para pejabat bank sentral Negeri Paman Sam memandang bahwa pemangkasan tingkat suku bunga acuan perlu dieksekusi guna menjaga laju perekonomian.

“Beberapa anggota melihat bahwa pemangkasan federal funds rate dalam waktu dekat dapat membantu meminimalkan dampak dari guncangan terhadap ekonomi di masa depan,” tulis risalah rapat The Fed, dilansir dari CNBC International.

Rendahnya inflasi juga menjadi salah satu alasan kenapa suku bunga harus dipangkas. “Beberapa anggota juga melihat bahwa inflasi yang terus-menerus berada di bawah target berisiko untuk melemahkan ekspektasi inflasi di masa depan yang pada akhirnya akan memperlambat laju inflasi menuju target 2%,” tulis risalah itu lebih lanjut.

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *