Ditantang Afrika Selatan, Super Elang Uji Cengkeraman

Piala Afrika 2019 menyisahkan delapan tim terbaik di babak perempatfinal. Sama-sama menelan sekali kelalahan dalam perjalanan mereka hingga sejauh ini, Nigeria dan Afrika Selatan (Afsel) bakal kembali membuktikan taji mereka saat bentrok di Stadion International Kairo, Kamis (11/7/2019) pukul 02:00 WIB.

Menilik perjalanan Nigeria hingga sejauh ini, tim berjuluk Super Elang itu boleh dibilang sudah cukup teruji, meski sempat mengawali turnamen dengan performa yang kurang meyakinkan. Hal itu ditunjukkan saat mereka hanya mampu bermain imbang tanpa gol kontra Zombabwe dan kalah 0-1 dari Senegal di fase Grup B. Beruntung, Super Elang akhirnya bisa melaju ke babak 16 besar setelah meraih dua kemenangan beruntun atas Burundi dan Guinea dengan skor 1-0.

Di babak 16 besar, Nigeria kembali melanjutkan tren positif dengan mendepak juara bertahan, Kamerun 3-2 untuk bertemu dengan Afsel di babak perempatfinal. Pelatih Nigeria, Gernot Rohr mengaku optimis timnya bisa kembali menunjukkan performa menawan pada laga nanti.

“Setelah melewati fase-fase yang sulit di turnamen ini, kami yakin bisa mengalahkan mereka (Afsel red) pada laga nanti,” kata Rohr dikutip laman resmi FAC, jelang laga.

Pun demikian, Rohr juga memperingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak meremehkan Afsel. Meski lolos ke babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik di Grup D, tim asuhan Stuart Baxter tetap punya ambisi untuk bisa melanjutkan kejutan setelah mengalahkan runner-up Piala Afrika edisi 2017 lalu, Mesir dengan skor 1-0 pada babak 16 besar.

“Setelah mengalahkan Mesir, kami berada dalam kondisi percaya diri yang tinggi dan kami siap menghadapi siapa saja,” ungkapnya.

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Afsel sendiri sedikit lebih diunggulkan dengan dengan sekali menang dan empat kali bermain imbang. Satu-satunya kemenangan tim berjuluk Bafana Bafana itu terjadi pada ajang Kualifikasi Piala Afrika pada bulan Juni 2017 lalu.

Pada laga yang digelar di Akwa Ibom Stadium, Uyo itu, Bafana Bafana mampu mengalahkan Nigeria 2-0, berkat gol Tokelo Rantie dan Percy Tau. Terakhir, kedua tim bermain imbang 1-1 pada Nivember 2018 lalu.

Selain duel Nigeria versus Afrika Selatan, pada hari yang sama juga menghadirkan duel antara Senegal kontra Benin. Sedangkan partai perempatfinal lainnya akan digelar satu hari setelahnya. Diantaranya, duel antara juara Grup D, Pantai Gading dengan juara Grup C, Alzajair serta juara Grup B, Madagascar dengan runner-up Grup E, Tunisia.

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar :BolaBanget

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *