Menang Tipis di Pemilu, Mnangagwa Jadi Presiden Terpilih Zimbabwe

Presiden petahana Zimbabwe Emmerson Mnangagwa menang tipis dalam pemilihan umum, mengalahkan kandidat oposisi. Berdasarkan hasil resmi yang dikeluarkan pada Jumat (3/8/2017), Mnangagwa menang dengan suara 50,8 persen. Posisinya unggul dibandingkan kandidat oposisi dari partai MDC, Nelson Chamisa, dengan perolehan suara 44,3 persen.

“Emmerson Dambudzo Mnangagwa dari Partai ZANU-PF karena itu dinyatakan sebagai presiden terpilih republik Zimbabwe,” kata ketua Komisi Pemilu Zimbabwe (ZEC) Priscillia Chigumba, seperti diwartakan AFP. Mnangagwa membutuhkan lebih dari 50 persen untuk mengamankan kemenangan tanpa harus ada putaran kedua.

Seperti diketahui, situasi negara dihadapkan pada reaksi publik terhadap hasil pemilu yang telah menimbulkan bentrokan. Mereka menuding adanya kecurangan dalam pemilu. Sebanyak enam orang tewas pada Rabu (1/8/2018), ketika pasukan melepaskan tembakan ke arah demonstran dari partai MDC. Pengamat pemilu dari Negara Persemakmuran mengecam penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap warga sipil tak bersenjata.

Setelah dinyatakan Mnangagwa dinyatakan menang, juru bicara partai MDC Morgan Komichi mengatakan partainya menolak hasil pemilu. “Kami akan bawa ini ke pengadilan,” katanya. Pemilu Zimbabwe yang digelar pada Senin lalu bertujuan untuk menyongsong era baru setelah bebas dari penindasan diktator Robert Mugabe.

Dengan begitu, Zimbabwe dapat terbebas dari isolasi internasional dan menarik investasi asing untuk menghidupkan kembali ekonomi yang hancur. Mnangagwa telah menjanjikan pemungutan suara yang bebas dan adil, setelah militer mengantarnya berkuasa saat Mugabe dipaksa mengundurkan diri pada November lalu. Dalam pemilihan parlemen, yang juga diadakan pada Senin lalu, partai ZANU-PF menang dengan mudah.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *