Perdana Menteri Palestina Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Palestina Rami Al-Hamdallah mengumumkan pengunduran dirinya dan seluruh jajaran kabinetnya pada hari Selasa (29/1). Keputusan ini pun menjadi pukulan telak di tengah upaya rekonsiliasi dengan para pejabat Hamas.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah menerima pengunduran diri itu. Namun, pemerintahan Hamdallah tetap akan bertugas sampai dibentuknya pemerintahan baru.

“Pembentukan pemerintahan yang baru segera didiskusikan. Nantinya faksi-faksi Organisasi Pembebasan Palestina akan bersiap menyelenggarakan pemilihan parlemen yang baru,” ucap Abbas.

Seorang pejabat Hamas menuduh keputusan itu sebagai upaya untuk menyingkirkan kelompok mereka dari perpolitikan Palestina.

Dilansir dari Reuters, Rami Al-Hamdallah memimpin pemerintahan persatuan nasional yang dibentuk tahun 2014 silam. Pria yang kini berusia 60 tahun ini juga mengupayakan rekonsiliasi antara Fatah yang berbasis di Tepi Barat dengan Hamas yang menguasai Gaza sejak tahun 2007.

Kedua kelompok ini menandatangani kesepakatan rekonsiliasi dua tahun lalu. Namun, perselisihan mengenai pembagian kekuasaan dan kebijakan terhadap Israel telah menghambat implementasi kesepakatan itu.

 

 

 

Sumber : Akurat.com
Gambar : Kompas Internasional

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *