Libur Natal dan Tahun Baru, Menkes Minta Puskesmas-RS Buka 24 Jam

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek meminta pemerintah daerah membuka puskesmas dan rumah sakit selama 24 jam pada masa libur Natal dan tahun baru. Hal itu sebagai upaya Kementerian Kesehatan mendukung kelancaran libur akhir tahun.

“Kami meminta kepada gubernur untuk puskesmas membuka 24 jam, termasuk RS,” kata Nila setelah mengikuti video conference di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

Nila menjelaskan, Kemenkes juga memiliki layanan panggilan darurat yang bisa dihubungi dengan nomor 199. Layanan tersebut, dikatakan Nila, bergerak lebih cepat karena dapat menjemput orang sakit dengan ambulans roda dua.

“Kami punya yang namanya 119, jadi ini bergerak lebih cepat dalam keadaan darurat dengan memakai ambulans roda dua,” ucap Nila.

Selain itu, Kemenkes menyediakan tempat istirahat yang dilengkapi tenaga medis serta fasilitas kesehatan di lokasi-lokasi yang menjadi jalur mudik.

Sebelumnya, Menkes Nila Moeloek hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut dalam video conference (vicon) bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Video conference itu terkait mudik Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Vicon yang terkoneksi dengan jajaran Polri dan kementerian di provinsi se-Indonesia ini dipimpin Kapolri. Sesmenko Polhukam Letjen Letjen TNI Agus Surya Bakti juga hadir mewakili Menko Polhukam Wiranto.

 

 

 

 

 

 

Sumber :    Detik News
Gambar :   Jurnal Kepri

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *