Bank Sentral Eropa Peringatkan 3 Risiko Keuangan Global Bisa Meningkat

ECB akan memperluas pengawasan dan mengembangkan perangkat kebijakan karena tiga risiko stabilitas keuangan utama bisa meningkat, seorang pejabat Bank Sentral Eropa (ECB) menekankan Senin (12/11) waktu setempat pada pembukaan Konferensi Pekan Keuangan Euro ke-21.

“Kami saat ini memberikan perhatian khusus terhadap tiga perkembangan utama yang dapat memicu kekhawatiran stabilitas keuangan global dan di kawasan euro,” kata Wakil Presiden ECB Luis de Guindos dalam sebuah pidato, dilansir dari Xinhua (13/11).

Ancaman ini termasuk menurunnya siklus makro-keuangan AS, meningkatnya ketegangan-ketegangan di negara-negara “emerging market” akibat dolar AS yang lebih kuat, meningkatnya friksi-friksi perdagangan, serta kekhawatiran keberlanjutan bangkitnya kembali utang, tambahnya.

“Meskipun penularan dampak ekonomi (dari Italia ke negara lain) sejauh ini masih terbatas, tetap ada kemungkinan,” de Guindos memperingatkan.

Sektor manajemen aset sekarang memainkan peran yang jauh lebih besar di pasar keuangan daripada sepuluh tahun yang lalu, menurut de Guindos.

Pada 2008, total aset yang dimiliki oleh dana-dana investasi (investment funds) hanya 15 persen dari aset-aset sektor perbankan. Pada 2017, aset dana-dana investasi zona euro telah tumbuh menjadi 42 persen dari total aset-aset sektor perbankan, sebesar 12 triliun euro.

“Karena risiko-risiko yang timbul dari ketidaksesuaian leverage dan likuiditas di dana-dana investasi berpotensi sistemik, kita perlu mengambil pendekatan kebijakan yang lebih ambisius terhadap risiko sistemik,” ucap dia.

“Memperluas kerangka makroprudensial ke sektor manajemen aset dan mengembangkan alat kebijakan untuk mengatasi risiko yang muncul akan menjadi langkah penting dalam mempersiapkan kemungkinan skenario-skenario tekanan di masa mendatang,” kata wakil presiden ECB ini.

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Harian Nasional

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *