Jelang Asian Games, Satgas Gultor TNI Latihan Penanggulangan Terorisme

Sebanyak 520 personel gabungan dari Satuan 81 Kopassus, Denjaka TNI AL dan Satuan Bravo 90 TNI AU yang tergabung dalam Satgas Gultor TNI mengikuti latihan penanggulangan terorisme di sejumlah titik di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Latihan ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 09.35 WIB. Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Eko Margiyono memimpin latihan penanggulangan terorisme ini. “Setiap tahun kita dua kali melaksanakan latihan. Di tahun 2018 ini ada momen yang kita jadikan sebagai sarana berlatih.

Kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games baik di Jakarta dan Palembang,” kata Eko usai latihan bersama di kawasan GBK, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Menurut Eko, latihan ini untuk menghadapi potensi eskalasi ancaman keamanan yang tinggi selama Asian Games berlangsung. Sehingga Satgas Gultor TNI perlu melakukan latihan pengamanan Asian Games.

“Ini seluruhnya melibatkan 520 orang. Pelakunya (yang terlibat latihan) total ada 400 orang. Kemudian berkaitan dengan latihan hari ini bukan berarti Palembang enggak ada. Tapi ada juga,” kata Eko. Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Satgas Gultor TNI agar memiliki tingkat kecepatan gerak dengan keberhasilan tinggi dalam melaksanakan penindakan terhadap aksi terorisme.

Materi latihan yang dilakukan, yaitu meliputi rangkaian prosedur hubungan komandan dan staf hingga penyampaian perintah operasi dan latihan lapangan. Adapun latihan lapangan kali ini meliputi infiltrasi darat dan udara, menembak reaksi, pertempuran jarak dekat, evakuasi, eksfiltrasi, menembak runduk, penjinakan bahan peledak hingga operasi pembebasan sandera.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Jawa Pos

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *