BOJ harus Meninjau Kembali target Inflasi 2%

Bank of Japan harus mempertimbangkan untuk memodifikasi target inflasi karena ekonomi sudah membaik bahkan tanpa memacu harga, menurut chief executive officer dari bank terbesar di negara itu.

Populasi yang menua dan menurunnya tingkat kelahiran berkontribusi pada “tingkat inflasi potensial yang lebih rendah dan tingkat pertumbuhan potensial yang lebih rendah,” CEO Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. Nobuyuki Hirano mengatakan pada hari Rabu dalam sebuah wawancara di kantor MUFG di Manhattan. “Pertanyaannya di sini adalah apakah kita perlu menjaga tingkat inflasi 2 persen yang target sebagaimana adanya, mengingat fakta bahwa ekonomi Jepang terus tumbuh dan lingkungan kerja menguntungkan.”

Meringankan target inflasi akan memberi ruang bagi bank sentral untuk melakukan perubahan terhadap kebijakan suku bunga ultra-rendah, yang telah membuat bank-bank berkerut termasuk MUFG dengan menekan profitabilitas pinjaman mereka. Pertemuan BOJ berikutnya akan berakhir pada 31 Juli, dan ada spekulasi bahwa para pejabat mencari cara untuk menjaga program stimulus mereka tetap berlanjut sambil mengurangi bahaya yang ditimbulkannya di pasar dan pemberi pinjaman.

Sementara harga konsumen Jepang telah meningkat selama lebih dari satu tahun, inflasi inti hanya 0,8 persen pada bulan Juni, jauh dari target bank sentral. Gubernur Haruhiko Kuroda dan dewannya diperkirakan akan menurunkan perkiraan harga mereka pada pertemuan minggu depan sementara juga menghindari perubahan target inflasi dengan mengulangi komitmen untuk mencapai tujuan 2 persen.

“Sekarang tingkat inflasi terus-menerus di zona positif, itu kabar baik,” kata Hirano, seraya menambahkan bahwa dia sering berdiskusi dengan BOJ. Namun, “ini adalah waktu yang sulit bagi lembaga keuangan atau bank yang bergantung pada pendapatan bunga bersih sebagai tingkat bunga tetap hampir nol atau terkadang negatif. ”

Hirano, 66, adalah pengkritik awal suku bunga negatif ketika mereka diperkenalkan di Jepang pada awal 2016. Pada bulan April tahun itu, dia mengatakan kebijakan tersebut berkontribusi pada kecemasan di antara rumah tangga dan perusahaan dan bahwa memperpanjangnya dapat melemahkan lembaga keuangan.

Permohonan obligasi

Salah satu kekhawatiran baru-baru ini tentang kebijakan BOJ di antara bank telah lebih dari pembelian obligasi korporasi, Bloomberg telah melaporkan. Pemberi pinjaman secara pribadi meminta bank sentral untuk berhenti membeli obligasi pada tingkat negatif, mengatakan praktik tersebut memberikan tekanan pada tingkat pinjaman, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

Saham MUFG telah merosot 16 persen tahun ini, lebih banyak dari Sumitomo Mitsui Financial Group Inc dan Mizuho Financial Group Inc. Tiga yang disebut megabank dijadwalkan untuk melaporkan laba fiskal kuartal pertama minggu depan.

 

 

Sumber Berita : Bloomberg.com
Sumber foto : Fortune

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *