Raja Arab Saudi Ucapkan Selamat ke Joe Biden

Raja Arab Saudi dan putra mahkota memberikan selamat kepada Presiden AS terpilih Joe Biden.

Dikutip dari AFP, Saudi Press Agency mengungkap Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim pesan ucapan selamat kepada presiden terpilih AS Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris.

Ia menambahkan bahwa raja menekankan hubungan sejarah erat kedua negara. Sehingga, setiap orang berusaha untuk memperkuat dan mengembangkan lebih lanjut di semua bidang.

Saudi menjadi negara Teluk terakhir yang mengucapan selamat kepada Biden terhadap kemenangannya atas Presiden AS Donald Trump.

UEA, Bahrain, Kuwait, Oman, dan Qatar mengucapkan selamat kepada kandidat Demokrat atas keberhasilannya pada Sabtu malam.

Pada 2017, Arab Saudi menjamu Trump dalam kunjungan resmi pertamanya ke luar negeri. Presiden menjalin hubungan yang sangat dekat, khususnya dengan penguasa de facto Pangeran Mohammed.

Banyak dari kebijakan Trump berjalan baik di Arab Saudi dan sebagian besar wilayah Teluk lainnya, terutama penarikan sepihaknya dari kesepakatan nuklir Iran 2015 dua tahun lalu dan pemberlakuan kembali sanksi yang diayunkan pada republik Islam itu.

Hubungan hangat Trump dengan negara-negara Teluk Arab kontras dengan pendahulunya Barack Obama.

Biden menjabat sebagai wakil presiden di pemerintahan Obama, dan para analis mengatakan Arab Saudi khawatir akan mundurnya sanksi yang dijatuhkan terhadap Iran oleh pemerintahan Trump.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : iNews

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *